FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 09-2021

    338

    Awas Hoaks! Vaksin Pfizer Serang Darah Putih Picu Imun Lemah

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta, Kominfo – Beredar unggahan di media sosial Facebook berisi klaim hasil studi atas Vaksin Pfizer yang menyerang sel darah putih hingga menyebabkan sistem imun lemah.

    Konon, unggahan yang beredar itu mencatut nama Lembaga Francis Crick Institute London, Inggris.  Dijelaskan bahwa klaim itu menyebutkan Vaksin Pfizer merusak sel darah putih atau sel T dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukna dari kumparan.com, bahwa klaim itu tidak benar atau hoaks.

    Peneliti Francis Crick Institute, David Bauer mengatakan kepada AP News jika semua penelitian yang diterbitkan hingga saat ini menunjukkan bahwa vaksin Pfizer dan varian vaksin lainnya menghasilkan respons sel T yang kuat, positif, dan protektif melawan virus Covid-19.

    Hal senada juga dikatakan Profesor  Blankson dari Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins Amerika yang menegaskan korona tidak menghancurkan atau merusak sel T.

    “Ada banyak data yang menunjukkan bahwa vaksin menginduksi respons sel T yang kuat untuk mengenali virus dan melawan virus Covid-19 bersama dengan sistem antibodi di dalam tubuh,” ujarnya.

    Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Kamis (02/09/2021):

    1. [DISINFORMASI] Video Siswa Lumpuh Usai Divaksinasi Covid-19
    2. [HOAKS] Vaksin Pfizer Menyerang Darah Putih hingga Sebabkan Imun Lemah
    3. [DISINFORMASI] Ma'ruf Amin Sebut yang Menolak Vaksin Masuk Neraka
    4. [HOAKS] Bank Indonesia Menerima Layanan Pinjam Dana
    5. [HOAKS] Memakan Petai dengan Rutin Dapat Sembuhkan Sakit Kaki, Pinggang dan Menyembuhkan Kanker

    Berita Terkait

    Awas Hoaks, Pesan Berantai Razia Zebra di Kota Bandung!

    Beredar kabar melalui platform pesan instan WhatsApp mengenai Razia Zebra di Kota Bandung. Konon, kegiatan itu akan dilaksanakan mulai 31 Ag Selengkapnya

    Awas Disinformasi Soal Buat Oksigen dengan Aerator Akuarium!

    Beredar unggahan video di media sosial Facebook yang memperlihatkan cara membuat oksigen bagi pasien Covid-19 dengan menggunakan aerator, al Selengkapnya

    Awas Hoaks! Tautan Daftar Penerima BPUM Tahap 3 Tahun 2021

    Beredar konten narasi dalam media sosial Facebook berisi informasi bantuan tahap 3 seputar PKH dan Bansos. Dalam unggahan tersebut juga dise Selengkapnya

    Awas Hoaks! Pesan Berantai Ledakan Kasus Covid-19 di Klaten

    Telah beredar pesan berantai WhatsApp yang menyebutkan bahwa beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Tengah mengalami peningkatan jumla Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA