FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 05-2021

    261

    Bangkitkan IKM Agar Naik Kelas, Menperin: Ayo Beli Produk Dalam Negeri!

    Kategori Berita Pemerintahan | srii003

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Perindustrian sukses menyelenggarakan acara puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dengan tema Festival Joglosemar: Artisan of Java, di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (20/05/2021). Pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutannya secara virtual dan dihadiri langsung oleh sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju.

    Sebelum menyampaikan laporannya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita membuka dengan membaca pantun menarik. “Menyambut pagi di Borobudur, sembari berkumpul menikmati secangkir kopi. Untuk Indonesia yang makmur, ayo beli produk dalam negeri,” ucapnya.

    Menperin mengatakan, sesuai arahan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan selaku Koordinator Gernas BBI dan Ketua Timnas Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), bahwa masyarakat Indonesia agar bisa mendukung produk industri nasional dengan menggunakan dan membelinya. “Karena akan menumbuhkan sektor industrinya, sehingga dapat menopang perekonomian,” tuturnya.

    Menperin menegaskan, saat ini pelaku industri kecil dan menengah (IKM) telah mampu menghasilkan berbagi produk yang dibutuhkan oleh pasar domestik dan ekspor, dengan kualitas yang kompetitif. “Artinya, apapun itu kebutuhannya, semua produknya sudah bisa diciptakan oleh anak bangsa kita sendiri,” ujarnya.

    Oleh karena itu, Kemenperin memberikan apresiasi kepada pelaku IKM yang berperan penting sebagai pilar utama dalam pertumbuhan ekonomi nasional. “Seperti yang disampaikan oleh Bapak Presiden, bahwa usaha sektor IKM tersebar di seluruh pelosok tanah air, dengan jenis usaha dan produknya yang sangat beragam, melibatkan banyak warga sekitar, menciptakan lapangan kerja baru, dan mampu menyerap banyak tenaga kerja,” papar Agus.

    Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, Menperin mengemukakan, Gernas BBI melalui Festival Joglosemar menjadi momentum untuk membangkitkan gairah usaha para pelaku IKM di seluruh wilayah Indonesia. “Saatnya IKM kita bisa naik kelas, dengan menghasilkan beragam produk berkualitas. Hal ini bisa dilakukan melalui pemanfaatan teknologi digital sehingga dapat berdaya saing di kancah global,” ungkapnya. 

    Menperin menyebutkan, tiga tujuan utama dilaksanakannya program Gernas BBI Festival Joglosemar, yaitu meningkatkan jumlah pelaku IKM yang onboarding, menciptakan value creation bagi pelaku IKM, dan meningkatkan permintaan produk IKM.

    “Dalam rangka mendukung tujuan utama Gernas BBI tahun 2021, yaitu 6,1 juta UMKM onboarding di marketplace, Kemenperin secara konsisten memberdayakan pelaku IKM melalui penguasaan teknologi e-business melalui program e-Smart IKM,” tutur Agus. Program e-Smart IKM telah berjalan sejak tahun 2017, dan telah melatih sebanyak 13.184 pelaku IKM di seluruh Indonesia.

    Adapun manfaat yang diperoleh oleh para pelaku IKM yang mengikuti program e-Smart IKM, antara lain mendapat workshop tentang membuka toko online, bisnis digital, manajemen bisnis, serta terkait kebijakan dan peraturan pemerintah. Selanjutnya, masuk ke dalam katalog e-smart IKM, memiliki akses ke berbagai program Kemenperin seperti restrukturisasi mesin peralatan, klinik HKI, klinik kemasan, sertifikasi TKDN dan SNI, pameran, serta pendampingan teknologi. Selain itu, pendampingan pemasaran online dan akses go global.

    “Dalam rangka mendukung program Gernas BBI, kami juga turut melaksanakan pameran offline dan online produk IKM di beberapa lokasi strategis, yaitu di Bandara Jakarta, Denpasar, Jogjakarta, Semarang dan Solo. Kemudian, area perbelanjaan di dalam maupun luar negeri, di antaranya Suntec City – Singapura, Mall Kota Kasablanka dan Mall Puri Indah - Jakarta dan Mall Paragon – Semarang, Galeri Bank Indonesia Yogyakarta, Landing Page Marketplace, dan website www.esmartikm.id,” sebut Menperin.

    Pada rangkaian Festival Joglosemar, juga dilakukan penyerahan secara simbolis fasilitasi Kemenperin untuk program restrukturisasi mesin dan peralatan, bantuan mesin dan peralatan untuk pondok pesantren pada program Santripreneur, fasilitasi merek IKM, fasilitasi sertifikat P3DN, fasilitasi desain kemasan dan cetak kemasan, serta dukungan dan fasilitasi SNI Batik. Melalui berbagai program penumbuhan dan pengembangan IKM, Kemenperin senantiasa melaksanakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kualitas SDM dan produk IKM.

    Melalui kesempatan ini, Menperin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para mitra kerja, antara lain DPR RI, Kementerian/Lembaga lain, Bank Indonesia, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, IdEA beserta marketplace, Media, Linkaja dan DANA selaku Top Brand pada Gernas BBI di bulan Mei 2021, serta semua pihak yang telah mendukung keberhasilan pelaksanaan Gernas BBI Festival Joglosemar yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.

    Festival Joglosemar diresmikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, dengan didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

    Selain itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, serta Wakil Gubernur DI Yogyakarta KGPAA Sri Paduka Paku Alam X. Bahkan, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo juga turut menyaksikan secara virtual.

    Berita Terkait

    BRIN Kembangkan Insinerator Skala Kecil untuk Kelola Limbah Medis di Masyarakat

    Penggunaan teknologi tersebut diharapkan bisa menjangkau daerah-daerah yang memiliki penduduk relatif sedikit dengan skala limbah yang juga Selengkapnya

    Tak Akan Dicabut, Menko Polhukam Tegaskan Ada 2 Produk dalam UU ITE

    Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Moh. Mahfud MD menegaskan bahwa Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi d Selengkapnya

    Bangun Papua yang Damai, Menkopolhukam Gelar Dialog

    Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menggelar dialog tentang Papua. Dalam dialog yang melibatkan unsur yang l Selengkapnya

    Lakukan Karantina Mandiri Selepas Bepergian di Masa Libur Lebaran

    Program karantina mandiri tersebut menjadi salah satu faktor yang diharapkan dapat mencegah peningkatan kasus dalam beberapa waktu ke depan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA