FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 05-2021

    2114

    Sayuran Berbahaya untuk Ibu Hamil? Awas Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta, Kominfo – Di media sosial Facebook, beredar konten unggahan berisi informasi tentang daun pepaya, lalapan mentah, pare, taoge dan kangkung yang dinyatakan berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Konon, informasi tersebut bersumber dari akun media sosial Facebook yang menjelaskan beberapa sayuran yang tidak boleh dikonsumsi bagi ibu hamil.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta bahwa klaim itu keliru. Menurut dokter kandungan RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta, dr Boy Abidin, tidak ada kaitan antara konsumsi daun pepaya dengan ari-ari rapuh. “Pada umumnya, ibu hamil memang disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sudah dimasak atau matang,” ujarnya.

    Menurut dr. Boy, Ibu hamil diminta menghindari makanan mentah demi mengurangi risiko kuman yang masuk dalam tubuh seperti lalapan mentah dan taoge. “Namun, bukan berarti ibu hamil dilarang makan sayur mentah. Mengenai pare, Boy mengatakan bahwa pare tidak berbahaya asalkan tidak dikonsumsi berlebih,” tegasnya.

    Hal sama juga berlaku untuk kangkung, dr. Boy menyarankan agar kangkung dicuci dan dimasak sampai matang terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.  Lebih lanjut, Boy menjelaskan bahwa kunci untuk mengonsumsi sayur bagi ibu hamil adalah faktor kebersihan untuk memperkecil risiko adanya kuman-kuman yang masuk ke saluran pencernaan. “Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang harus tetap diutamakan bagi ibu hamil termasuk sayur karena menjadi kebutuhan,” pungkasnya.

    Berikut laporan isu hoaks, disinformasi, dan misinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Selasa (18/05/2021):

    1. [DISINFORMASI] China Mulai Menggunakan Vaksin Corona yang Dapat Dihirup
    2. [HOAKS] Infografis Satgas Covid-19 Ucapkan Terima kasih Kepada Polri
    3. [HOAKS] Sayuran yang Berbahaya bagi Ibu Hamil
    4. [DISINFORMASI] Erdogan Sebut Ada Negara yang akan Disita China karena Utang
    5. [DISINFORMASI] Video Bima Arya Kedapatan Ziarah Kubur

    Berita Terkait

    BI Beri Bansos Produktif untuk Pelaku UMKM, Itu Hoaks!

    Bank Indonesia menegaskan pihaknya bukan lembaga penyalur bansos produktif sebagaimana informasi yang beredar. Selengkapnya

    Serpihan Logam dalam Makanan Bayi? Awas Hoaks!

    Video tersebut beredar dengan narasi bahwa makanan bayi tersebut mengandung logam. Selengkapnya

    SE BI Tak Layani Tukar Uang Baru, Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    KPU Tak Lagi Keluarkan Undangan Fisik untuk Pemilih? Itu Hoaks!

    Komisioner KPU Idham Holik menjelaskan pesan berantai yang beredar yang menyebut KPU tidak memberikan undangan fisik untuk mencoblos adalah Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA