FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 05-2021

    1493

    Presiden Tinjau Vaksinasi Mandiri dan Pembangunan Kereta Cepat

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003

    Jakarta, Kominfo - Presiden Joko Widodo melakukan peninjauan vaksinasi Covid-19 Gotong Royong di PT Unilever Indonesia yang berada di kawasan Industri Jababeka, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (18/5/2021).

    "Saya senang sekali bisa bertemu dengan bapak ibu sekalian, vaksinasi gotong royong telah dimulai," ujar Presiden Joko Widodo melalui siaran virtual.

    Pelaksaan vaksinasi di atas merupakan pemberian vaksinasi dosis pertama jenis Vaksin Sinopharm yang rencananya akan diberikan kepada 320 pekerja. Kegiatan vaksinasi ini akan menyasar 10 ribu orang yang terdiri dari pekerja beserta keluarganya. 

    Pada kegiatan kali ini juga diselenggarakan di 18 lokasi berbeda di perusahan atau pabrik yang terletak di wilayah Kawasan Industri Jabodetabek dan sekitarnya. Dan Presiden menyapa seluruh tempat yang lainnya secara virtual.

    Presiden Joko Widodo tiba di lokasi sekitar pukul 09.13 WIB. Kemudian beliau langsung meninjau satu per satu proses tahapan vaksinasi dari mulai pendaftaran hingga pembagian sertifikasi.

    Kedatangan Kepala Negara dilakukan untuk memastikan bahwa vaksinasi perdana ini dapat berjalan lancar tanpa hambatan. Dengan begitu, vaksinasi yang dilakukan dapat berdampak positif terhadap upaya memutus penyebaran wabah global Covid-19 di dalam negeri.

    "Sudah memulai vaksin dari pemerintah gratis sampe saat ini terdapat 23 juta dosis vaksin dari rencana kurang lebih 380 juta dosis vaksin yang akan disuntikkan," katanya.

    Dengan adanya vaksinasi yang digelar saat ini, Presiden berharap para pekerja di kawasan industri dapat terlindungi dari ancaman virus berbahaya COVID-19. Sehingga, dapat melakukan kegiatan produktif dalam beberapa waktu ke depan.

    "Kita harapkan semuanya nanti terlindungi dari penyebaran virus dan kawasan-kawasan industri bisa bekerja lebih produktif," imbuhnya.

    Penyelenggaraan vaksinasi di atas dilandasi oleh Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 10 tahun 2021 tentang Vaksinasi Gotong Royong. Vaksinasi ini adalah program vaksinasi yang diberikan kepada karyawan, karyawati, keluarga dan individu. Pembiayaannya dibebankan kepada badan hukum atau badan usaha penyelenggara vaksinasi.

    Artinya, penerima vaksin ini tidak dipungut biaya atau gratis. Sama dengan program vaksinasi yang digelar oleh pemerintah dalam beberapa waktu yang lalu tidak dibebankan suatu biaya apapun kepada penerima.

    Proyek Kereta Cepat

    Usai mengunjungi Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, bersama rombongan terbatas, Kepala Negara mengunjungi lokasi proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung yang masih berada di dalam kawasan industri. Titik pertama yang akan dikunjungi ialah Casting Yard #1 yang tepatnya berada di Kelurahan Wangunharja, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

    Lokasi tersebut merupakan salah satu fasilitas pendukung produksi dan distribusi box girder yang digunakan sebagai penyusun struktur trase proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

    Dalam kunjungan ini, Presiden Joko Widodo juga akan meninjau lokasi Tunnel #1 kereta cepat Jakarta-Bandung yang berlokasi di Km 5+500 Tol Jakarta-Cikampek, Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi. Terowongan yang memuat dua lintasan kereta cepat tersebut memiliki panjang 1,8 kilometer dan melintas di bawah tol Jakarta-Cikampek.

    Turut serta dalam perjalanan menuju Kawasan Industri Jababeka antara lain Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

    Berita Terkait

    Presiden Joko Widodo Minta Presiden dan Wapres Terpilih Persiapkan Diri

    Hal tersebut disampaikan Kepala Negara menanggapi hasil penetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI terkait presiden dan wakil presiden terpili Selengkapnya

    Bertemu Tony Blair, Presiden Bahas Investasi Energi dan Percepatan Transformasi Digital

    Dalam keterangannya selepas pertemuan, Menteri Investasi menyebut bahwa pertemuan bersama Tony Blair menghasilkan beberapa kesepakatan penti Selengkapnya

    Presiden Gelar Griya Bersama Para Menteri di Istana Negara

    Acara gelar griya menjadi ajang untuk merenungkan nilai-nilai sosial, kebersamaan, dan harapan bagi bangsa Indonesia. Selengkapnya

    Presiden Tinjau Arus Mudik Lebaran di Stasiun Pasar Senen

    Dalam kunjungannya, Presiden melihat secara langsung kesiapan infrastruktur serta manajemen pelaksanaan mudik yang terpantau baik. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA