FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 03-2021

    787

    Ibadah Haji 2021 Berlangsung Normal, Itu Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta, Kominfo – Beredar pesan dalam platform media sosial  yang diklaim sebagai informasi terbaru dari Kerajaan Arab Saudi. Konon, pesan itu merujuk pada pelaksanaan ibadah haji pada 2021 akan berjalan normal tanpa adanya batasan jumlah jemaah haji yang datang ke Masjidil Haram.

    Dalam informasi itu, mengklaim Raja Salman menyetujui beberapa inisiatif terbaru di antaranya yaitu membebaskan biaya tahunan fasilitas akomodasi ibadah haji, kegiatan komersial di Madinah dan Makkah, tempat haji berlangsung.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta bahwa, informasi yang diklaim sebagai pemberitaan terbaru Kerajaan Arab Saudi terkait pelaksanaan ibadah haji pada Tahun 2021 yang disebutkan akan berjalan biasa tanpa adanya batasan tersebut adalah tidak benar.

    Plt. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Khoirizi memastikan bahwa informasi tersebut adalah hoaks.

    “Kemenag pihaknya telah menanyakan perihal pesan berantai tersebut kepada Dubes Saudi, dan disebutkan bahwa pesan tersebut tidak memiliki sumber yang jelas,” tegasnya.

    Khoirizi menyampaikan sampai saat ini belum ada informasi resmi dari Kerajaan Arab Saudi terkait penyelenggaraan haji 2021.

    Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim Kementerian Kkominfo, Rabu (17/03/2021):

    [HOAKS] Jadwal Vaksin Warga Jawa Barat di Gedung Pakuan Bandung

    [DISINFORMASI] Warga Bhutan tidak Terpapar Covid-19 karena Penduduknya Vegetarian

    [HOAKS] Update Pelaksanaan Ibadah Haji 2021 dari Kerajaan Arab Saudi

    [HOAKS] Akun Facebook Mengatasnamakan Walikota Kendari

    Berita Terkait

    KPU Tak Lagi Keluarkan Undangan Fisik untuk Pemilih? Itu Hoaks!

    Komisioner KPU Idham Holik menjelaskan pesan berantai yang beredar yang menyebut KPU tidak memberikan undangan fisik untuk mencoblos adalah Selengkapnya

    Beredar Hasil Exit Poll Pilpres 2024 di Luar Negeri? Itu Hoaks!

    Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Idham Holik mengatakan informasi yang diklaim dalam unggahan foto yang beredar adalah tidak benar ata Selengkapnya

    Pemilu 2024 Tak Gunakan Undangan Fisik, Itu Hoaks!

    Komisioner KPU RI Idham Holik membantah surat pemberitahuan atau undangan fisik untuk pemilih tidak lagi ada pada Pemilu 2024. Selengkapnya

    Cincin Perusak Kertas Suara Pemilu 2024? Itu Hoaks!

    Gambar tersebut adalah hoaks lama yang pernah beredar pada Pemilu 2019 dan kembali beredar menjelang Pemilu 2024. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA