FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 02-2021

    157

    Majukan Perlindungan HAM, Indonesia Optimalkan Keanggotaan di Dewan HAM PBB

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Bandung, Kominfo – Pemerintah Indonesia perlu mengoptimalkan keanggotaannya di Dewan HAM PBB untuk memajukan penghormatan dan perlindungan HAM di Indonesia.

    “Keanggotaan Indonesia di Dewan HAM PBB diharapkan dapat menumbuhkan momentum untuk memajukan penghormatan dan perlindungan HAM di dalam negeri,” ujar Plt. Deputi Bidang Koordinasi Politik Luar Negeri Pribadi Sutiono, dalam Focus Group Discussion (FGD) Isu-Isu HAM dan Keanggotaan Indonesia di Dewan HAM PBB, di Bandung, Kamis (25/02/2021).

    FGD diselenggarakan oleh Kedeputian Bidkoor Pollugri dan diikuti oleh peserta dari K/L terkait, antara lain Kemenko PMK, Kantor Staf Presiden, Kementerian Luar Negeri, Kemhan, Kemkumham, Kemsos, Kementerian Kominfo, Kemen PPPA, Kejaksaan Agung, Polri, Mabes TNI, BP2MI, Komnas HAM, Komnas Perempuan, dan KPAI.

    Pertemuan mendiskusikan berbagai isu HAM dalam agenda Dewan HAM PBB yang menjadi kepentingan Indonesia, antara lain, intoleransi, diskriminasi rasial, kebebasan berekspresi, hukuman mati, kebebasan beragama, disabilitas, impunitas, dampak covid19 terhadap penghormatan HAM, tantangan pemenuhan hak anak dan perempuan.

    Diskusi mendengarkan lima narasumber, yaitu Taufan Damanik, Ketua Komnas HAM; Jaleswari Pramodhawardani, Deputi Bidang Poltik, Hukum dan Keamanan Kantor Staf Presiden; Achsanul Habib, Direktur HAM dan Kemanusiaan Kemlu; Andy Yentriani, Ketua Komnas Perempuan; Margaret Aliyatul Maimunah, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia. Adapun Ramadansyah, Asisten Deputi Organisasi Internasional Kemenko Polhukam, bertindak sebagai moderator diskusi. 

    Kenggotaan Indonesia di Dewan HAM PBB periode 2020-2022 perlu didorong menumbuhkan momentum untuk pemenuhan, penegakan, dan pelindungan HAM di dalam negeri. Lebih jauh, keanggotaan Indonesia pada Dewan HAM PBB juga dapat digunakan sebagai media promosi kerja positif pemerintah dalam pemajuan dan pelindungan HAM, serta menunjukkan peran kepemimpinan Indonesia dalam upaya tersebut di tingkat regional dan global.

    Berita Terkait

    Produk Perikanan Indonesia Masih Sangat Menjanjikan untuk Pasar Dunia

    Meski pasar dunia tersebut terbuka lebar, Presiden menilai bahwa rantai pasok bahan baku masih perlu ditingkatkan sehingga memberi nilai tam Selengkapnya

    Targetkan Pasar Milenial, Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah Harus Sesuai Selera Gen-Sy

    Pasar milenial memiliki potensi besar sebagai target pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di era transformasi digital. Terlebih saat in Selengkapnya

    Tiadakan Mudik Lebaran 2021, Presiden: Mari Utamakan Keselamatan Bersama

    Kebijakan peniadaan mudik lebaran tahun ini juga diambil dengan mempertimbangkan tren penurunan kasus aktif di Indonesia dalam dua bulan ter Selengkapnya

    Luncurkan e-Perda, Kemdagri Targetkan Layanan Efektif dan Efisien

    Kementerian Dalam Negeri meluncurkan aplikasi e-Perda yang digunakan untuk memberikan pelayanan yang lebih efektif dan efisien. “e-Perda h Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA