FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 02-2021

    2216

    [HOAKS] Covid-19 Muncul karena Adanya Tes Rapid dan PCR

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar informasi di media sosial yang mengklaim Virus Corona Covid-19 muncul karena adanya rapid test dan tes PCR (polymerase chain reaction). Klaim tersebut muncul setelah seorang pengguna Facebook memuat sebuah unggahan dengan narasi “Gara2 ada alat setan Rapid dan PCR yg di sumbang Bill gate..Dunia kacau balau meyakini ada virus hanya karena adanya alat setan ini!!!!!”

    Dikutip dari Cekfakta.tempo.co, klaim bahwa virus Corona Covid-19 muncul karena adanya tes rapid dan tes PCR adalah keliru. Tes PCR dan rapid test adalah dua jenis tes yang bisa digunakan untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi Covid-19. Pakar kesehatan Akmal Taher mengatakan testing bersama tracing dan treatment (3T) merupakan strategi yang perlu diambil untuk menghentikan laju kasus Covid-19. Dengan tes, mereka yang positif Covid-19 bisa segera ditemukan lalu diisolasi agar tidak menularkannya pada orang lain. Teknologi tes PCR pun sudah ditemukan sejak 1983, jauh sebelum munculnya Covid-19.

    KATEGORI: HOAKS

    Link Counter:

    https://cekfakta.tempo.co/fakta/1224/keliru-virus-corona-covid-19-muncul-karena-adanya-tes-rapid-dan-pcr

    https://covid19.go.id/p/hoax-buster/salah-satu2nya-negara-yg-tidak-ada-covid19-nya-tanzania-mereka-gak-pernah-adakan-rapid-test-n-pcr-kepada-penduduknya

    Berita Terkait

    [HOAKS] Indonesia adalah Negara dengan Utang Terkecil di Dunia

    Selengkapnya

    [HOAKS] Akun Facebook Mengatasnamakan KBRI Singapura

    Selengkapnya

    [HOAKS] Bantuan Rp2.500.000 untuk Penyandang Disabilitas di Kabupaten Jember

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Tentara Cina Mendarat di Kota Manado

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA