FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 01-2021

    283

    Kemnaker Dukung Pengembangan Kompetensi Perajin Ulos

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003

    Samosir, Kominfo -  Kementerian Ketenagakerjaan mendukung pengembangan kompetensi perajin ulos melalui pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja (BLK).  Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan setelah mendapatkan pelatihan, mereka akan difasilitasi oleh Kemnaker agar bisa masuk ke pasar kerja atau menjadi wirausaha yang kompeten.

    "Kami ingin memastikan bahwa pengrajin ulos di tempat ini mendapatkan peningkatan kompetensinya, Saya kira perkembangan ulos itu sangat luar biasa ini harus dipertahankan, " kata Menaker Ida usai meninjau perajin ulos di Desa Lumban Suhi - Suhi, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Jum'at (29/01/2021).

    Menaker  Ida juga akan mengupayakan agar pengrajin ulos ini dapat meningkatkan kompetensinya melalui pelatihan kerja BLK sekaligus memfasilitasi akses modal dan pasar. 

    "Kami akan diskusikan dengan Bupati Samosir, apa yang bisa kami lakukan dan kerjasamakan. Biasanya kami melakukan pendampingan, akses modal, dan akses pasarnya seperti yang kami lakukan di tempat lain," kata Ida.

    Menurut Menaker,  pada tahun 2020 kementerian yang dipimpinnya memberikan program Jaring Pengaman Sosial, program ini menyasar sekitar  18 ribu kelompok, dimana tiap kelompoknya berjumlah 20 orang, dengan bentuk kegiatan berbagai macam usaha dan  menyesuaikan dengan kebutuhan lokal.

    Menaker Ida melihat perajin Ulos ini sudah memiliki keinginan yang kuat untuk bisa terus mempertahankan tradisi, dan pemerintah akan mendukung penuh apa yang bisa dilakukan bersama.

    "Ini suatu kawasan yang membanggakan, ibu-ibu ini rata-rata menjadi tulang punggung keluarganya, selain berladang, bertenun ini juga menjadi mata pencaharian utama. Kita ingin terus meningkat kesejahteraan dan ada nilai tambah yang bisa kita berikan," kata Ida.

    Dalam kunjungannya ini, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah turut didampingi oleh Istri Luhut Binsar Panjaitan, Devi Panjaitan, Bupati Samosir, Rapidin Simbolon,  serta Dirjen Binalattas, Budi Hartawan.

    Berita Terkait

    Tingkatkan Kapasitas Pengembangan Investasi, BPKH Harus Perluas Kerja Sama Internasional

    “Sangatlah tepat bagi BPKH dalam melaksanakan tugas dan fungsinya untuk terus menjalin kerjasama dan mengajak negara-negara yang memiliki Selengkapnya

    Presiden: Lakukan Penanganan Secara Cepat dan Baik

    Presiden RI Joko Widodo menyampaikan telah mendapatkan laporan dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait bencana banj Selengkapnya

    Presiden Berdialog dengan Pelaku Usaha Perikanan

    Kepala Negara juga meninjau jalannya proses vaksinasi massal yang digelar bagi para petugas atau pekerja publik di pelabuhan yang terdiri at Selengkapnya

    Pengembangan dan Pembuatan Vaksin Harus Ikuti Prosedur dan Kaidah Ilmiah

    Uji klinis yang ditempuh juga harus sesuai dengan prosedur yang berlaku, dilakukan secara terbuka, bersifat transparan, serta melibatkan ban Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA