FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 01-2021

    21832

    KLARIFIKASI [DISINFORMASI] Kandungan Zat BPA pada Galon Isi Ulang Berbahaya

    Kategori Hoaks | mth

    Naskah klarifikasi:

    Tautan https://www.kominfo.go.id/content/detail/31870/disinformasikandungan-zat-bpa-pada-galon-isi-ulang-berbahaya/0/laporan_isu_hoaks yang sebelumnya diberikan label disinformasi berdasarkan penjelasan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)yang dimuat pada media nasional :

     • https://antaranews.co.id/2021/01/02/kandungan-bpa-pada-galon-isiulang-berbahaya-ini-penjelasan-bpom/

    https://republika.co.id/berita/qmaqdf383/kandungan-bpa-galon-isi-ulangberbahaya-ini-penjelasan-bpom 

    Saat ini kami cabut label disinformasi tersebut berdasarkan surat permohonan dan penjelasan terbaru dari Direktur Siber Obat dan Makanan kepada Direktur Pengendalian Informatika melalui surat Nomor BPD.04.01.63.631.06.22.246 tanggal 8 Juni 2022 perihal Penjelasan Disinformasi Kandungan Zat BPA pada Galon isi Ulang Berbahaya dan Permohonan Penurunan Konten dan juga berdasarkan siaran pers BPOM dengan tautan https://www.pom.go.id/new/view/more/pers/650/Sarasehan-Upaya-PerlindunganKesehatan-Masyarakat-Melalui-Regulasi-Pelabelan-Bisfenol-A--BPA--pada-Air-MinumDalam-Kemasan--AMDK.

    SEBELUMNYA tertulis 

    Penjelasan :

    Beredar di media sosial informasi mengenai kandungan zat BPA pada galon isi ulang diklaim berbahaya bagi bayi, balita dan ibu hamil.

    Dilansir dari antaranews.co.id, Badan Pengawas Obat dan Makanan menjelaskan bahwa galon isi ulang yang banyak digunakan masyarakat, memang mengandung BPA. Walau demikian, kandungan BPA dalam kemasan isi ulang yang beredar itu telah memenuhi syarat ambang batas, yang berarti aman digunakan dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Direktur Pengawasan Pangan Risiko Tinggi dan Teknologi Baru BPOM Ema Setyawati, mengatakan air minum dalam kemasan (AMDK) terdiri dari empat jenis, yaitu air mineral, air demineral, air mineral alami, dan air embun. Keempat jenis AMDK tersebut harus memenuhi syarat yang tercantum dalam Standar Nasional Indonesia  (SNI). Menurutnya, selama memenuhi syarat SNI tentu saja aman. Sesuai namanya air minum dalam kemasan, maka kemasannya pun harus aman.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://antaranews.co.id/2021/01/02/kandungan-bpa-pada-galon-isi-ulang-berbahaya-ini-penjelasan-bpom/

    https://republika.co.id/berita/qmaqdf383/kandungan-bpa-galon-isi-ulang-berbahaya-ini-penjelasan-bpom

    https://www.pom.go.id/new/view/more/klarifikasi/126/PENJELASAN-BADAN-POM-RI-Tentang-Kandungan-Bisfenol-A--BPA--pada-Kemasan-Galon-AMDK--Yang-Digunakan-Secara-Berulang.html

    Berita Terkait

    [HOAKS] Tahanan Mardani H. Maming Berkeliaran

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Warga Solo Tolak Kedatangan Prabowo dan Gibran

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Presiden Joko Widodo Pecat Ketua MK Anwar Usman

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Kabupaten Gunungkidul Darurat Klitih

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA