FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 12-2020

    886

    Tsunami Rawan Terjadi di Bulan Desember? Itu Disinformasi!

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta, Kominfo – Beredar sebuah narasi yang telah meresahkan masyarakat tentang anggapan bahwa bulan Desember merupakan satu-satunya bulan yang sangat rawan terjadi tsunami.

    Faktanya, pendapat yang menyebutkan bahwa Desember adalah satu-satunya bulan yang sangat rawan terjadi tsunami tidaklah benar.

    Melalui akun Instagram pribadi @daryonobmkg, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Dr Daryono menyampaikan analisisnya terhadap data kejadian tsunami di wilayah Indonesia yang menunjukkan adanya variasi jumlah peristiwa tsunami untuk masing-masing bulan.

    Daryono menjelaskan, berdasarkan sumber dan pembangkitnya, secara ilmiah tsunami memang tidak mengenal musim. “Gempa tektonik, longsoran dalam laut, erupsi gunung api adalah fenomena geologis yang dapat terjadi kapan saja tidak hanya pada bulan-bulan tertentu seperti halnya fenomena cuaca dan iklim, sehingga kapan saja dapat terjadi tsunami,” tulisnya.

    Berikut laporan isu hoaks dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kamis (24/12/2020):

    Tsunami Rawan Terjadi di Bulan Desember

    Akun Facebook Wakil Bupati terpilih Lampung Tengah Ardito Wijaya

    Negara Cina Buat Kantor Polisi di Indonesia

    Berita Terkait

    Bawaslu Resmi Larang Tim Prabowo Hadiri Debat? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari turnbackhoax.id, video tersebut tidak sesuai antara na Selengkapnya

    Kominfo Terima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023

    Kementerian Kominfo mendapatkan penghargaan sesuai Hasil Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Pusat. Selengkapnya

    Menkeu Gabung Menjadi Tim Sukses? Itu Hoaks!

    Dari keseluruhan isi video, tidak ditemukan informasi valid yang menyebutkan bahwa Sri Mulyani bergabung dalam timses Ganjar Pranowo-Mahfud Selengkapnya

    Pemberangkatan Pasukan TNI ke Palestina? Itu Disinformasi!

    Konon pemberangkatan pasukan TNI tersebut dikaitkan dengan perang yang terjadi di wilayah Gaza, Palestina. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA