FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 12-2020

    230

    Dua Pekan, Gelaran MOTS PPS Bitung Terbitkan 212 ISR

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Bitung, Kominfo – Hingga pekan kedua Desember 2020, Loket Layanan Maritime on the Spot (MOTS) Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bitung telah menerbitkan 212 Izin Stasiun Radio (ISR), baik efektif maupun nonefektif.

    “Tantangan ke depan, berdasarkan data dari PPS Bitung dan database SIMSDPPI, masih ada sekitar 550 kapal nelayan di atas 10 GT yang membutuhkan asistensi agar segera memiliki ISR. Ini tantangan bersama Balai Monitor dengan stakeholder terkait PPS Bitung, KSOP Bitung dan Disnav Bitung,” kata Kepala Balai Monitor Kelas II Manado Hermanto dalam acara evaluasi penyelenggaraan layanan MOTS 2020 di Ruang Rapat Kantor PPS Bitung, Selasa (15/12/2020).

    Hermanto menjelaskan evaluasi penyelenggaraan Layanan MOTS mutlak dilaksanakan untuk peningkatan layanan ISR Kapal Laut kepada para nelayan. Terutama peningkatan kemampuan para nelayan dan ABK. Balmon Kelas II Manado juga telah melakukan bimbingan teknis sertifikasi operator radio (SOR) dan mensertifikasi 86 Nelayan atau ABK.

    “Kedepan, harapannya adalah semua kapal memiliki ISR Kapal laut dan semua nelayan atau ABK memiliki keterampilan dalam mengoperasikan perangkat radio,” kata Hermanto.

    Bermodalkan ISR dan SOR, nelayan dapat melaut dengan aman dan gangguann frekuensi radio penerbangan dapat diminimalkan atau bahkan dihilangkan. Kepala Balmon Manado berharap dukungan dari para pihak agar dapat meningkatkan layanan perizinan bagi Kapal Nelayan.

    Kegiatan Evaluasi Layanan MOTS juga dihadiri mitra kerja Balmon Kelas II Manado, Hanny Rumopa selaku Plh PPS Bitung, Franklin Lohonawuan mewakili KSOP Kelas I Bitung, dan Detjee Silangen mewakili Distrik Navigasi Kelas I Biitung.

    Dalam sambutannya, Hanny Rumopa menyampaikan PPS Bitung siap mewndukung penyelenggaraan layanan MOTS. “Apalagi cara mengurus izinnya cepat, mudah dan gratis, tentunya ini sangat berguna dan membantu para nelayan,” katanya.

    Berita Terkait

    Gelar Perkara Tindak Lanjut Penertiban ISR

    Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menindaklanjuti hasil Penertiban Iz Selengkapnya

    Gunakan Ruang Lab SMP, Gelaran UNAR Terapkan Protokol Kesehatan

    Dengan memanfaatkan daya tampung ruangan laboratorium, pelaksanaan Ujian Nasional Amatir Radio (UNAR) Reguler III di Kota Padang Panjang dap Selengkapnya

    Gempa Perairan Keurea Sulteng Picu Keretakan? Hoaks!

    Beredar pesan siar lewat WhatsApp tentang adanya retakan di perairan Keurea, Morowali, Sulawesi Tengah. Pesan yang telah beredar di media so Selengkapnya

    KI Pusat Gelar Diskusi Daring Peringati HKIN 2020

    Komisi Informasi Pusat menggelar acara peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HKIN). Peringatan itu diisi dengan diskusi daring yan Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA