FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 11-2020

    956

    Penyandang Disabilitas Memiliki Hak yang Sama

    Kategori Pemilu Serentak | hend006
    - (kpu.go.id)

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI bekerjasama dengan KPU Provinsi Sumatera Barat, Rabu (25/11/2020) menggelar Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih (Sosdiklih) bersama Kelompok Disabilitas Berkebutuhan Khusus di Kota Padang.
    Kegiatan terasa spesial karena dihadiri langsung Anggota KPU RI Ilham Saputra yang pada kesempatan itu menegaskan prinsip demokrasi dimana setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk dipilih dan memilih tak terkecuali penyandang disabilitas.
    Meski begitu prinsip afirmasi tetap diberikan bagi penyandang disabilitas melalui penyediaan TPS akses yang dibangun untuk memudahkan penyandang disabilitas. Juga perlengkapan TPS melalui template huruf braille bagi mereka (penyandang disabilitas netra) dan mendahulukan penyandang disabilitas memberikan hak suaranya tanpa harus mengikuti antrean.
    Namun demikian untuk penyandang disabilitas maupun pemilih pada umumnya harus selalu menerapkan protokol kesehatan selama berada dilingkungan TPS dengan selalu menggunakan masker, menggunakan sarung tangan ketika di TPS dan rajin mencuci tangan. Dan bagi KPPS juga selalu menggunakan face shield, dan mengatur pemillih agar selalu menjaga jarak.
    "KPU RI juga telah menyiapkan iklan layanan masyarakat untuk pemilih disabilitas.
    Menghimbau agar pemilih disabilitas jangan takut datang ke TPS karena pandemi Covid-19. Terpenting selalu patuhi protokol kesehatan," pesan Ilham.
    "Percaya bahwa KPU melakukan yang terbaik bagi semua pihak," tambah Ilham.
    Turut mendampingi kegiatan Sosdiklih Anggota KPU Provinsi Sumatera Barat Izwaryani, Amnasmen serta Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Yunalzi. (hupmas kpu ri dosen-yos/foto: dosen/ed diR)
    sumber: kpu.go.id

    Berita Terkait

    Kemendagri Akan Bekerja Keras Akomodir Pemilih yang Belum Rekam KTP-el

    Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri (Dukcapil) akan bekerja keras Selengkapnya

    Cermat Saring Informasi Pemilihan 2020

    Mendekati hari pemungutan suara, 9 Desember 2020, sebaran informasi terkait Pemilihan 2020 ke masyarakat makin meningkat. Situasi ini perlu Selengkapnya

    Persiapan Pemilihan 2020 Semakin Matang

    Tiga minggu jelang hari pemungutan suara, persiapan menghadapi 9 Desember 2020 semakin baik. Tahapan berjalan sesuai rencana dengan kesiapan Selengkapnya

    Tetap Disiplin Menerapkan Protokol Kesehatan

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI terus mendorong agar penyelenggaraan tahapan Pemilihan 2020 menerapkan protokol kesehatan baik oleh para pasa Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA