FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 11-2020

    649

    [HOAKS] Grafis Skor Debat Pilwali Pasuruan Mencatut Logo KPU

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Telah beredar grafis skor debat publik ke-2 Pilwali Kota Pasuruan yang menggunakan logo KPU. Pada skor yang beredar itu berisi catatan nilai debat antara Paslon Gus Ipul - Mas Adi (Giat) dan Teno - Hasjim (Tegas). Pada bagian bawah grafis skor terdapat keterangan "Penilaian Tim Ahli Koalisi Pemantau Pemilu Indonesia". Dalam skor tersebut, Paslon Giat mendapat nilai sangat tinggi mencapai 510, sedangkan Paslon Tegas hanya 194. 

    Menanggapi beredarnya grafis skor tersebut, Tim Tegas mengambil sikap dengan melapor ke Unit Cyber Crime Polres Pasuruan Kota, pada Kamis (19/11) kemarin. Pelaporan dilakukan oleh Kusuma Totok A. Rakhman, Ketua Tim Relawan Tegas bersama Kepala Bidang Hukum Tegas, Fandy. Menurut Kusuma, setelah pihaknya melakukan penelusuran ke KPU, ternyata grafis skor tersebut tidak benar dan bukan hasil produk KPU. Hal senada juga diungkapkan oleh ketua KPU Kota Pasuruan, Royce Diana Sari. Ia  menegaskan bahwa skor tersebut memang bukan produk KPU Kota Pasuruan dan KPU Kota Pasuruan tidak mengeluarkan hasil skor debat terbuka yang bekerja sama dengan salah satu TV lokal Jatim. Royce Diana Sari juga menambahkan jika petunjuk teknis (juknis) di KPU tidak boleh memberi penilaian atas hasil debat paslon. Sementara itu Direktur Pusat Studi dan Advokasi Kebijakan, Lujeng Sudarto, menuturkan "KPU hanya berkewenangan mengumumkan hasil perhitungan suara. Kalo itu (skor debat, red) jelas hoax karena sudah mencatut nama resmi KPU berikut logonya".

    KATEGORI: HOAKS

    Link Counter:

    https://www.bangsaonline.com/berita/83523/tim-tegas-laporkan-skor-debat-pilwali-pasuruan-ke-polisi-kpu-kota-pasuruan-itu-bukan-produk-kami

    https://www.wartabromo.com/2020/11/20/beredar-skor-debat-menangkan-gus-ipul-relawan-tegas-lapor-bawaslu

    Berita Terkait

    [HOAKS] Begal Berkostum Pocong di Pandeglang

    Selengkapnya

    [HOAKS] Surat Bantuan Ramadhan Mengatasnamakan Dit PD Pontren Kemenag RI

    Selengkapnya

    [HOAKS] Surat Tawaran Dana Bantuan APBN/APBD Mengatasnamakan Ditjen Dikti Kemendikbud

    Selengkapnya

    [HOAKS] Presiden Jokowi Mencopot Prabowo dan Memasukkan Ahok ke Kabinet Kerja

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA