FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 11-2020

    5688

    [DISINFORMASI] Cara Menghilangkan Formalin dalam Makanan

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar di media sosial, informasi mengenai cara menghilangkan formalin dalam makanan seperti ikan asin, tahu, mie basah, dan ikan segar. Dalam informasi yang beredar itu menyebutkan bahwa kandungan formalin pada makanan tersebut dapat dihilangkan dengan cara direbus, direndam dengan air panas atau cuka, tergantung dari jenis makanannya.

    Faktanya dilansir dari merdeka.com, menurut Kepala Bidang Serlik BBPOM di Jakarta, Ibu Yayan Cahyani, SSi, Apt, ketika menemukan bahan makanan yang sudah tercampur dengan bahan makanan berbahaya seperti formalin, sebaiknya tidak dikonsumsi lagi. Selain itu, menurut ahli pangan dari Universitas Sahid Jakarta, Prof dr Hardinsyah, MS, cara seperti yang disebutkan di atas tidak dapat menghilangkan kadar formalin, melainkan hanya dapat mengurangi. Oleh karena itu, sebaiknya masyarakat tetap harus memperhatikan keamanan pangan yang dikonsumsi. Meskipun kadar formalin yang ada di makanan hanya sedikit, dampaknya bisa menjadi buruk ketika kebiasaan ini berlangsung dalam jangka panjang.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-tidak-benar-informasi-cara-menghilangkan-formalin-dalam-makanan.html

    https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4052254/beredar-broadcast-cara-hilangkan-formalin-pada-makanan-benarkah-efektif

    Berita Terkait

    [HOAKS] Akun Facebook Mengatasnamakan GadgetIn Promosikan Jam Tangan Pintar

    Selengkapnya

    [HOAKS] Give Away Mengatasnamakan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Bandung

    Selengkapnya

    [HOAKS] Cara Deteksi Stroke dengan Gerakan Jari Tangan

    Selengkapnya

    [HOAKS] Salah Transfer Uang Mengatasnamakan Polres Pasuruan Kota

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA