FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 10-2020

    1174

    [HOAKS] Klaim Aliansi Dokter Dunia soal Covid-19

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar di media sosial sebuah video mengatasnamakan Aliansi Dokter Dunia yang mengklaim bahwa Virus Corona adalah virus flu biasa dan tidak ada pandemic Covid-19. Dalam video tersebut mereka mengatakan lockdown di seluruh dunia untuk mencegah Virus Corona harus diakhiri. 

    Faktanya, klaim tersebut tidak tepat. Para ilmuwan secara umum menyatakan penyebab pandemi saat ini adalah Virus Corona baru SARS-CoV-2 dan bukan jenis virus influenza. Sejauh ini Covid-19 telah membunuh lebih banyak orang dibanding lima flu musiman jika korbannya digabungkan. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, Covid-19 menyebar lebih mudah daripada flu dan dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah. Direktur Jenderal WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus menerangkan alasan Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi global, yakni tingkat penyebaran penyakit dan dampaknya yang sangat mengkhawatirkan. Juru Bicara Satgas Covid-19 Prof Wiku Adisasmito ikut angkat bicara menanggapi video ini. Prof Wiku menegaskan pernyataan dalam video tersebut tidak benar. Prof Wiku menekankan, masyarakat harus mampu memilah mana informasi yang benar. Sumber informasi terpercaya antara lain seperti WHO, PBB, dan CDC. Sedangkan untuk Indonesia, bisa bersumber dari Kementerian Kesehatan dan Satgas Covid-19.

    KATEGORI: HOAKS

    Link Counter:

    https://www.kompas.com/sains/read/2020/10/26/152925723/hoaks-klaim-aliansi-dokter-dunia-soal-covid-19-begini-faktanya?page=1https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5229833/viral-aliansi-dokter-dunia-ragukan-covid-19-apa-kata-satgas

    Berita Terkait

    [HOAKS] Agenda Razia Masker Ditlantas Polda Jawa Timur

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Diagram Chip 5G pada Vaksin Covid-19

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Pemerintah Hapus Sanksi Pidana Penolak Vaksinasi Covid-19

    Selengkapnya

    [HOAKS] Vaksin Jokowi Gagal dan Harus Diulang

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA