FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 10-2020

    117

    [HOAKS] Presiden Jokowi Lanjutkan 3 Periode demi Proyek Infrastruktur Nasional

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar unggahan yang membagikan postingan disertai gambar, menarasikan bahwa Presiden Jokowi akan melanjutkan masa jabatannya menjadi 3 periode demi menggarap proyek infrastruktur berupa jalan kereta api penghubung Mali-Senegal.

    Faktanya, klaim tersebut tidak berdasar. Tidak ada pernyataan resmi dari Pemerintah Pusat terkait penambahan 1 periode lagi demi infrastruktur. Penambahan masa jabatan presiden hingga 3 periode akan bertentangan dengan UUD 1945 pasal 7 yang menyatakan bahwa Presiden dan Wakil Presiden hanya menjabat selama 5 tahun dalam 1 periode, selanjutnya dapat dipilih kembali hanya untuk satu kali masa jabatan. Adapun penambahan atau pengurangan periode harus disetujui oleh DPR lalu diputuskan oleh MK, namun sampai dengan saat ini tidak ada wacana bahkan keputusan atas penambahan 1 periode tersebut. Terkait proyek jalur kereta api sepanjang 1.023 km sendiri merupakan garapan PT INKA (Industri Kereta Api). PT INKA dalam hal ini adalah sebagai project developer yang melakukan upgrading jalur kereta api penghubung Mali-Senegal.

    KATEGORI: HOAKS

    Link Counter:

    http://www.dpr.go.id/jdih/uu1945?fbclid=IwAR1oKnzeh2J1WWIEWEubtdL16gjv0aUIyXq6nG5trlEqAIN2YdcapbkvYWU

    https://nasional.kompas.com/read/2019/12/02/21011711/ini-penjelasan-kpu-soal-masa-jabatan-presiden-berdasarkan-peraturan-saat-ini?page=all&fbclid=IwAR1lfW3r_xeMEkjkn2agjyi8c4mDNFqY15vBC8VrWi5wBuq50rcPjgVfx48

    https://republika.co.id/berita/qhzo42459/

    Berita Terkait

    [HOAKS] Angka Bunuh Diri di AS Meningkat 200 Persen Selama Pandemi Covid-19

    Selengkapnya

    [HOAKS] Istana Presiden Jadi Sarang Prostitusi

    Selengkapnya

    [HOAKS] Grafis Skor Debat Pilwali Pasuruan Mencatut Logo KPU

    Selengkapnya

    [HOAKS] Lowongan Pekerjaan di Puskesmas Sananwetan, Kota Blitar

    Selengkapnya