FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 10-2020

    1150

    [DISINFORMASI] Video Dua Pemuda Ditangkap karena Mau Bunuh Kiai di Sukabumi

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar di media sosial sebuah video dengan narasi dua pemuda ditangkap karena ingin membunuh kiai di Sukabumi. Video tersebut diketahui pertama kali diunggah oleh sebuah akun Facebook pada 30 September 2020. 

    Faktanya, dikutip dari Liputan6.com video yang diklaim dua pemuda ditangkap karena ingin membunuh kiai di Sukabumi, Jawa Barat ternyata tidak benar. Dua pemuda yang ditangkap warga dalam video tersebut adalah Yaman dan Yamin. Mereka sengaja datang ke lokasi untuk mencari ustaz yang bisa melakukan pengobatan alternatif. Warga kemudian mengamankan dua pemuda tersebut karena curiga dengan gelagat mereka. Mereka dikeroyok karena dianggap bersikap kurang sopan saat bertamu untuk berobat ke ustaz yang mampu melakukan pengobatan alternatif tersebut. Terkait video itu, Kapolres Sukabumi AKBP Lukman Syarif berharap video tersebut tidak dimanfaatkan orang-orang tidak bertanggung jawab untuk memprovokasi situasi. Ia meminta warga untuk mengecek kebenaran sebuah informasi sebelum menyebarkannya.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4372290/cek-fakta-tidak-benar-video-dua-pemuda-ditangkap-karena-mau-bunuh-kiai-di-sukabumi

    https://news.detik.com/berita/d-5195068/video-dua-pria-sukabumi-dikeroyok-massa-viral-ini-imbauan-polisi

    Berita Terkait

    [HOAKS] Video Tentara Merah Cina Berdatangan Setiap Jam ke Indonesia Mulai 1 April 2024

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Dampak Gempa Bumi di Pulau Bawean

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Pembuatan Sayur Kol Palsu

    Selengkapnya

    [HOAKS] Ketua KPU Tertangkap karena Akui Jual Data ke Negara Asing

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA