FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 09-2020

    7629

    [DISINFORMASI] Melihat Papua dan Aceh Sejahtera Timor Leste Ingin Gabung dengan Indonesia

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Baru-baru ini beredar sebuah video yang diunggah di platform Youtube dengan judul “"MELIHAT #PAPUA DAN #ACEH SEJAHTERA,#TIMOR #LESTE INGIN GABUNG DENGAN #INDONESIA". Video tersebut diunggah pada 9 September 2020 dan berisi potongan-potongan slide show foto disertai narasi voice over.

    Setelah ditelusuri, dalam keseluruhan video tidak ditemukan pernyataan baik dari Pemerintah Indonesia maupun Timor Leste sebagaimana pada judul yang tertera. Adapun isu terkait akan kembalinya Timor Leste pada Indonesia merupakan isu hoaks lama yang pernah mencuat pada 2018 dan 2019.  Isu tersebut berawal dari pernyataan Xanana Gusmao, Tokoh Timor Leste dan Presiden Pertama Timor Leste, saat menghadiri HUT ke-69 TNI di Surabaya, Jawa Timur, Selasa 7 Oktober 2014. “Timor Leste harus bergabung dengan Indonesia. Kami butuh pemimpin baru,” ujar Xanana kala itu. Pernyataan itu diartikan oleh sejumlah media sebagai keinginan Timor Leste untuk kembali bergabung bersama Indonesia. Namun, Wakil Menteri Pertahanan kala itu, Sjafrie Sjamsoeddin, membantah kalau Xanana menyatakan Timor Leste ingin kembali bergabung dengan Indonesia seperti yang dituliskan oleh sejumlah media massa.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1283480345317831/?_rdc=1&_rdr

    https://cekfakta.tempo.co/fakta/74/fakta-atau-hoaxbenarkah-timor-leste-akan-bergabung-lagi-ke-indonesia?fbclid=IwAR09LqrQyvg-zh2qwZUVixZNbM2Ie_WrNBGtHZKw7_a23TeIZemUtfDjZ-A

    Berita Terkait

    [HOAKS] Surat Teguran Hak Cipta dan Lisensi oleh Wahana Music Indonesia

    Selengkapnya

    [HOAKS] Pemerintah Cina akan Pindahkan Warganya ke Indonesia

    Selengkapnya

    [HOAKS] Cina dan Israel Bekerja Sama Hilangkan Agama dan Pancasila di Indonesia

    Selengkapnya

    [HOAKS] Ketua KPU Ketuk Palu dan Mengesahkan Anies Baswedan Jadi Presiden Republik Indonesia

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA