FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    04 08-2020

    327

    [DISINFORMASI] Keberadaan Alat Pendeteksi Tsunami Tanda Ada Gunung Api di Bawah Laut

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar kabar di media sosial Facebook yang menyebutkan bahwa alat pendeteksi tsunami merupakan tanda ada gunung api di bawah permukaan laut. Dalam narasinya, akun tersebut mengatakan bahwa, "Kita berada di kaki kaki Gunung Api Purba yang berada di dasar laut kab. Morowali. Jadi pasti akan ada setiap tahun gempa yg berpusat di daerah kab. Morowali. Ini sudah diteliti sejak tahun 2013. Ini salah satu contoh alat untuk mengetahui letak Gempa dan potensi Tsunami. Dan ada juga yg diletakkan di dasar laut. Berarti jika ada yg melihat seperti ini di laut, berarti di sekitar bawah laut, ada Gunung Api yg aktif”.

    Berdasarkan penelusuran, kabar mengenai alat pendeteksi tsunami merupakan tanda ada gunung api di bawah permukaan laut adalah keliru. Faktanya, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Geologi Kementerian ESDM, Ichi Sri Hidayati mengatakan, alat pendeteksi tsunami bukan sebagai tanda adanya gunung api di bawah laut yang ada alat tersebut. Alat tersebut merupakan alat pendeteksi tsunami bukan sebagai tanda keberadaan gunung api di bawah laut.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4321477/cek-fakta-tidak-benar-keberadaan-alat-pendeteksi-tsunami-tanda-ada-gunung-api-di-bawah-laut

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] 15 Juta Pekerja Terancam Batal Terima Subsidi Gaji Rp600 Ribu

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Pesan Berantai Dua Kelompok Besar Bentrok di Kalimalang

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Presiden Jadi Tim Sukses Gibran-Teguh

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Rekaman CCTV Penampakan Tuyul di Depan Konter HP

    Selengkapnya