FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 07-2020

    434

    Budaya Baru Sebuah Keniscayaan di Era New Normal

    Kategori Berita Pemerintahan | mth
    Mahasiswa dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat mengikuti proses pindah tali topi toga pada acara prawisuda di Universitas Mercu Buana, Joglo, Jakarta Barat, Senin (20/7/2020). Prawisuda dilakukan sebelum pelaksanaan wisuda virtual, karena banyak permintaan dari wisudawan yang hanya sekedar pengambilan foto dengan menggunakan baju toga wisuda untuk kenangan setelah menyelesaikan perkuliahan. - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo - Menyikapi fenomena new normal di tengah pandemi Covid-19, masyarakat dihadapkan pada kebiasaan baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Kebiasaan itu menjadi sebuah keniscayaan yang lambat laun akan menjadi budaya baru dalam kehidupan bermasyarakat.

    Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan di masa transisi rehabilitasi dan rekonstruksi saat ini akan muncul tatanan baru, meski tidak terlalu signifikan.

    "Budaya-budaya seperti pertemuan tatap muka yang semasa pandemi ini diganti virtual, saya yakin tidak akan hilang. Kalau muncul perilaku baru di era new normal ya mungkin, tapi tidak secara otomatis akan menghilangkan kebiasaan lama," ujarnya saat menjadi pembicara Webinar "Menyambut Era New Normal, Momen Membangun Karakter Manusia Berbasis Budaya" yang diselenggarakan Pandi.id dari Jakarta, Kamis (23/07/2020).

    Menurut Muhadjir, masyarakat tidak perlu khawatir mengenai munculnya kebiasaan baru pada era new normal. Ia meyakini perubahan yang akan terjadi tidak akan terlalu drastis hingga mengubah seluruh tatanan budaya masyarakat dan bangsa.

    "Akan ada perubahan tapi tidak akan drastis, jadi jangan membayangkan yang seram-seram. Karena pada dasarnya budaya itu mencakup tiga hal yaitu nilai (value), etika, dan estetika," cetusnya.

    Lebih lanjut, imbuh mantan Mendikbud, nilai dalam budaya itu kaitannya dimaknai dengan keindahan, kebenaran, dan kebajikan. Setiap perubahan yang akan dijadikan sebagai sebuah budaya baru harus dilihat dari nilai-nilai tersebut.

    Berita Terkait

    Perlu Upaya Bersama Kendaikan Covid-19 dalam Pilkada Serentak

    Jelang penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2020, Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) mene Selengkapnya

    Ada 160.189 Orang Pelamar Pendidikan Kedinasan 2020 di Portal SSCASN BKN

    Pendaftaran online Sekolah Kedinasan Tahun Anggaran 2020 (Dikdin) melalui portal SSCASN-BKN dikdin.bkn.go.id ditutup 26 Juni 2020. Terhitung Selengkapnya

    Pembukaan Rumah Ibadah Harus Jadi Contoh Penerapan Protokol Kesehatan di Era Kenormalan Baru

    Pemerintah akan segera menerapkan tatanan kenormalan baru (new normal) di tengah pandemi Covid-19. Beberapa sektor kehidupan akan mulai dibu Selengkapnya

    Penguatan Pesantren Hadapi Era Kenormalan Baru

    Pemerintah terus memberikan perhatian serius atas keberlangsungan pendidikan dalam situasi pandemi Covid-19. Tak terkecuali pondok pesantren Selengkapnya