FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 07-2020

    1576

    [DISINFORMASI] Anies Sebut Mendungui Warga

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Telah beredar unggahan di media sosial Facebook yang memuat sebuah narasi yang memuat sebuah gambar berupa tangkapan layar berita mengenai tanggapan Anies Baswedan pada program reklamasi DKI Jakarta. Salah satu pemberitaan dari gambar tersebut berasal dari Kompas.com memberitakan Anies Baswedan “mendungui” warga Jakarta ditambah klaim Anies sebagai penipu. Pada unggahan tersebut juga menyebut bahwa Anies sebagai Gubernur hasil demonstrasi pada narasinya.

    Dilansir dari laman situs Turnbackhoax.id, gambar tersebut merupakan hasil tangkapan layar dari pemberitaan Kompas.com yang berjudul “Buka Suara soal Reklamasi Ancol, Anies: Ini untuk Melindungi Warga dari Banjir”. Kemudian judulnya dipelintir menjadi “Melindungui warga dari banjir”. Anies Baswedan pada berita aslinya di Kompas.com mengklaim bahwa proses yang dilakukan ini adalah untuk melindungi warga Jakarta dari bencana banjir yang menjadi momok di Ibu Kota. Sebelumnya Anies Baswedan menolak program reklamasi DKI Jakarta pada 2017 seperti yang diberitakan Detik.com pada status. Hal ini yang membuat Anies disebut sebagai “penipu” karena pada 2020 mengizinkan program reklamasi sebagaimana narasi dalam gambar.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://turnbackhoax.id/2020/07/16/salah-anies-sebut-mendungui-warga/

    https://megapolitan.kompas.com/read/2020/07/11/15115781/buka-suara-soal-reklamasi-ancol-anies-ini-untuk-melindungi-warga-dari?page=all

    https://news.detik.com/berita/d-3537239/anies-kalau-reklamasi-dilanjutkan-banjir-semakin-besar

     

     

    Berita Terkait

    [HOAKS] Gambar Anies Baswedan Dilantik Menjadi Jenderal

    Selengkapnya

    [HOAKS] Pelatih Timnas Guinea Sebut Indonesia Negara Miskin

    Selengkapnya

    [HOAKS] Ombak Ganas Menerjang Sulawesi Utara

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Sekelompok Preman Mendatangi Masjid

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA