FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 06-2020

    1460

    [DISINFORMASI] Kapolres Bolehkan Keluarga Jemput Jenazah PDP Covid-19

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar di media sosial isu yang menyebutkan bahwa Kapolri Jenderal Idham Azis memperbolehkan keluarga mengambil  jenazah PDP COVID-19 dari rumah sakit. Isu tersebut muncul dari surat telegram Kapolri Nomor ST/1618/VI/Ops.2/2020 tanggal 5 Juni 2020 yang ditandatangani atas nama Kapolri oleh Kabaharkam Polri. Surat itu kemudian disalahartikan dan membuat kabar keluarga diperbolehkan menjemput jenazah PDP Covid-19. 

    Faktanya Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulsel, Komisaris Besar Polisi Ibrahim Tompo memastikan bahwa isu tersebut tidaklah benar dan masyarakat diingatkan agar tidak lagi menjemput paksa jenazah PDP Corona. Terkait surat telegram tersebut, Ibrahim menjelaskan bahwa isi dari surat telegram Kapolri yang ditandatangani oleh Kabaharkam Polri itu meminta para Kasatgas, Kasubsatgas, Kaopsda, dan Kaopsres Opspus Aman Nusa II 2020 untuk berkoordinasi dengan pihak rumah sakit rujukan untuk segera melaksanakan tes swab terhadap pasien yang terindikasi gejala COVID-19. Ibrahim menambahkan, dalam surat tersebut Kapolri meminta jajaran Polda bekerja sama dengan pihak rumah sakit rujukan corona untuk memperjelas status pasien, terinfeksi Covid-19 atau tidak. Kabid Humas  menerangkan, surat telegram Kapolri itu juga berisi penegasan terhadap perlakuan jenazah COVID-19, baik persemayaman dan pemakamannya harus tetap menerapkan protokol kesehatan dengan pakai masker dan jaga jarak.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter :

    https://regional.kompas.com/read/2020/06/13/13230141/polda-sulsel-bantah-hoaks-yang-sebut-kapolri-bolehkan-keluarga-ambil-jenazah

    https://www.jpnn.com/news/polda-sulsel-bantah-isu-kapolri-bolehkan-jemput-jenazah-pdp-corona?page=2  

    https://www.bonepos.com/2020/06/12/cek-fakta-kapolri-bolehkan-jemput-jenazah-pdp-corona-begini-faktanya

     

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Google Tampilkan Hasil Elektabilitas Pemilu 2024

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Warga Solo Tolak Kedatangan Prabowo dan Gibran

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Presiden Joko Widodo Pecat Ketua MK Anwar Usman

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Kabupaten Gunungkidul Darurat Klitih

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA