FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 06-2020

    1352

    [DISINFORMASI] Santri yang Hidupnya di Pondok Dicurigai Terpapar Covid-19, yang Keluyuran di Mall Dibiarin Aja

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar di media sosial unggahan tangkapan layar  yang menampilkan seseorang mengenakan Hazmat dengan beberapa perempuan bercadar yang mengantri sambil memegang kertas. Dalam tangkapan layar tersebut terdapat tulisan berbunyi berikut. “Santri yang hidupnya di pondok gak pernah keluar2 dicurigai kena Covid. Yang keluyuran di mall, dipasar malah dibiarin aja”.

    Setelah dilakukan penelusuran unggahan akun tersebut adalah salah. Foto dalam unggahan akun tersebut adalah karya Jurnalis IDN Times, Novika Dian Nugroho. Dalam foto tersebut terdapat keterangan berikut, “Ilustrasi. Sejumlah santri Pondok Al-Fatah, Temboro, Magetan sedang mengisi data sebelum mengikuti rapid test COVID-19 di Puskesmas Mejayan, Kabupaten Madiun. Terkait foto dan keterangan diketahui dari beberapa pemberitaan media daring, santri Pondok Al-Fatah, Magetan, Jawa Timur yang mengikuti rapid test COVID-19 bukanlah karena faktor kecurigaan saja, mengingat mereka tidak pernah keluar-keluar seperti yang diklaim oleh akun tersebut. Rapid test COVID-19 yang dilakukan kepada santri Pondok Al-Fatah, Temboro dikarenakan adanya seorang pria yang merupakan pengajar di pesantren tersebut terkonfirmasi positif COVID-19.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://jateng.idntimes.com/news/jateng/oetoro-aji/rapid-test-ratusan-santri-temboro-asal-blora-8-terpapar-virus-corona

    https://regional.kompas.com/read/2020/04/26/11010091/menyoal-klaster-ponpes-temboro-magetan-pengajar-positif-covid-19-mudik-ke

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Kabupaten Gunungkidul Darurat Klitih

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Perubahan Nama Lokasi Mahkamah Konstitusi Menjadi Mahkamah Keluarga pada Google Maps

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Ferdy Sambo Terlibat dalam Korupsi yang Digunakan untuk Mendanai Kampanye Ganjar Pranowo

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Anies Baswedan Tidak Lolos Tes Kesehatan Mental

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA