FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 05-2020

    772

    Kominfo Atasi Gangguan Frekuensi Siaran Pendidikan Belajar dari Rumah

    Kategori Berita Kementerian | Yusuf
    Tim Monitoring Balmon Klas II Banjarmasin bersama Teknisi TVRI Banjarmasin sedang melakukan monitoring penanganan gangguan channel CH 40 frekuensi 623,25 MHz TVRI Banjarmasin. - (Balmon Banjarmasin)

    Banjarmasin, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelesaiakn gangguan frekuensi siaran TVRI Stasiun Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Gangguan itu terjadi pada kanal CH 40 frekuensi 623,25 Mhz yang menjadi kanal siaran Pendidikan Belajar dari Rumah. Program siaran itu mendukung kegiatan belajar dari rumah dalam upaya Pemerintah  menanggulangi pandemi Covid-19.

    “Gangguan channel CH 40 TVRI Banjarmasin yang berisi siaran Pendidikan Belajar dari Rumah telah  berhasil diatasi. Warga  Kampung Baru, Kelurahan Sungai Paring, Kab Banjar akhirnya dapat menikmati   siaran TVRI progran acara Pendidikan Belajar Dari Rumah  dengan baik lagi, setelah seminggu terganggu,” tutur Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Klas II Banjarmasin, Mujiyo di Kantor Balmon Banjarmasin, Senin (18/05/2020).

    Menurut Mujiyo, gangguan itu sudah berlangsung selama lebih dari seminggu. Padahal, program siaran hasil kerja sama TVRI dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan itu wajib diikuti oleh anak didik dari tingkat PAUD sampai SMU.

    “Kami menerima Surat Kepala Stasiun TVRI Banjarmasin No.112/II.6/TVRI/2020 tertanggal, 7 Mei 2020, perihal Permohonan Pengecekan Frekuensi Channel 40. Dan segera ditindaklanjuti oleh Tim Balmon Banjarmasin,“  jelas Mujiyo.

    Berdasarkan pemantauan, gangguan tersebut terjadi pada jam-jam tertentu pagi dan siang hari. “Petugas teknis dari TVRI Banjarmas sudah melakukan upaya berupa scan ulang pada pesawat televisi milik masyarakat namun terjadi gagal scan pada frekuensi chanel CH 40 frekuensi 623,25 MHz,” tutur Kabalmon Banjarmasin.

    Tim Monitoring Frekuensi Radio untuk melakukan koordinasi dengan petugas dari TVRI.  “Selama melakukan kegiatan penanganan gangguan dengan tetap menerapkan social distancing mengingat lokasi terjadinya gangguan, juga termasuk daerah terpapar covid-19,” tegas Mujiyo.

    Usai penanganan gangguan, Tim Monitoring Balmon Banjarmasin bersama petugas dari TVRI melakukan monitoring selama tiga hari, yaitu tanggal 11 Mei sampai dengan 13 Mei 2020 di lokasi yang mengalami gangguan dengan menggunakan perangkat monitoring Spectrum Analyzer (Agilent N9344C) Direction Finder dan Receiver (R&S DDF 007).

    “Berdasarkan hasil monitoring pada CH 40 frekuensi 623,25 MHz dan pemantauan televisi milik pelanggan TVRI yang terganggu serta televisi milik masyarakat di sekitarnya, pada frekuensi tersebut sudah tidak terpantau lagi adanya gangguan (gangguan clear), sehingga siaran Pendidikan Belajar Dari Rumah dapat dilihat kembali dengan bagus,” jelas Kabalmon Banjarmasin.

    Mujiyo mengimbau semua pengguna frekuensi radio agar tetap mematuhi ketentuan operasional penggunaan frekuensi radio agar tidak terjadi gangguan siaran. “Kepada pengguna frekuensi radio agar tetap mematuhi ketentuan serta  memenuhi legalitas penggunaan frekuensi radio termasuk perijinannya,” imbaunya.

    Berita Terkait

    Dirjen PPI: Digitalisasi Siaran Buka Peluang Teknologi Baru

    Kualitas dan efisiensi layanan penyiaran akan makin lebih baik dengan digitalisasi. Menurut Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Inform Selengkapnya

    Atasi Interferensi Frekuensi SARSAT-7, Balmon Banjarmasin Bantu BCC Basarnas

    Kementerian Komunikasi dan Informatika berhasil menangani gangguan frekuensi kerja Satelit Sarsat-7 di wilayah Banjarmasin. Selengkapnya

    Awas Disinformasi! Foto Unggahan Twitter Tempo.co Edisi Para Pendengung

    Beredar unggahan di akun Facebook berupa hasil tangkapan layar dari tweet milik akun Twitter Tempo.co bercentang biru. Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Paparkan Laporan Keuangan dan Pelaksanaan APBN TA 2019

    Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti menyampaikan Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2019 dan P Selengkapnya