FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 05-2020

    1791

    [DISINFORMASI] Video Meteor Jatuh di Surabaya

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Ramai beredar di sosial media Twitter sebuah video yang menampilkan meteor jatuh. Dalam video itu disebutkan bahwa video tersebut diambil di Sidosermo, Surabaya. "Ya Allah Sidosermo Surabaya ya Allah.. Subhanal quddus.. Subhanal quddus.. Subhanal quddus.. Rabbanal quddus.. La ilaha illallah Muhammadar rasulullah.." kata orang dalam video tersebut.

    Dikutip dari kompas.com Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaludin memastikan, bahwa video yang beredar di media sosial tersebut merupakan video editan. Selain itu, lanjut Thomas, video tersebut juga telah diedit ke beberapa versi dengan narasi yang berbeda. "Itu sudah dimodifikasi itu, itu editan. Karena saya sudah dapat informasi bahwa itu ada versi bahasa Inggris-nya," kata Thomas. Ia juga menjelaskan, benda yang terlihat pada video itu bukan meteor, melainkan sampah antariksa yang jatuh ke bumi.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter :

    https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/09/130400865/viral-video-diklaim-meteor-jatuh-benarkah-terjadi-di-indonesia-simak?page=all#page3

    Berita Terkait

    [HOAKS] Video Dampak Gempa Bumi di Pulau Bawean

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Tentara Cina Mendarat di Kota Manado

    Selengkapnya

    [HOAKS] Detik-detik Jembatan Suramadu Ambruk

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Kerusakan Parah Akibat Gempa Bumi di Kabupaten Tuban

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA