FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 03-2020

    4217

    [DISINFORMASI] Video "Sholat Jum'at an di China menjadi lautan manusia, orang Islam di Wuhan tidak Satupun yang kena virus corona"

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar unggahan sebuah video dengan narasi sebagai berikut "*SHOLAT JUM'AT AN DI CHINA* menjadi LAUTAN MANUSIA. Membuat Merinding Hati kita semua. Lebih 2 juta Orang komunis China masuk Islam. Karena Orang Islam di Wuhan tidak Satupun yang kena VIRUS CORONA. Mereka TAKJUB dengan Orang Islam. Akhirnya atas izin Allah SWT mereka Masuk Islam. Subhanallah, kita harus bangga menjadi umat Islam dan in syaa Alloh termasuk kedalam golongan nabi Muhammad yang sholeh dan sholehah, aamiin." 

    Klaim bahwa video itu adalah shalat Jum'at di China dan orang Islam di Wuhan tidak satupun kena virus Corona Covid19 adalah klaim yang salah. Kegiatan dalam video itu bukanlah shalat Jum'at, melainkan shalat Idul Fitri. Video itu sudah ada sejak tahun 2018. Jauh sebelum saat pertama kali virus Corona Covid19 pada Desember 2019. Terkait klaim tidak adanya orang Islam di Wuhan yang terkena virus Corona Covid19, klaim ini tidak benar, karena ada salah satu pasien bernama Mr. Ye yang merupakan Muslim etnis Hui berasal dari Provinsi Qinghai dirawat di salah satu Rumah Sakit darurat di Wuhan. Pasien atas nama Mr. Ye ini muncul di video dokumenter berjudul "The lockdown: One month in Wuhan" yang diunggah oleh kanal Youtube CGTN pada 28 Februari 2020. Mr. Ye muncul di menit ke 18:20 di video itu. 

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter :

    https://www.youtube.com/watch?v=mayFmRcSbio

    https://www.youtube.com/watch?v=XU9FVqwO4TM

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Perubahan Nama Lokasi Mahkamah Konstitusi Menjadi Mahkamah Keluarga pada Google Maps

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Video Ular Makan Sapi di Desa Sukamandang, Provinsi Kalimantan Tengah

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Kantor Pertamina Ahok Digeledah oleh KPK dan Ditemukan Uang Triliunan Rupiah

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Luhut Binsar Pandjaitan Mengundurkan Diri dari Jabatannya

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA