FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 01-2020

    384

    Pupuk Toleransi, Atasi Radikalisme Melalui Pendidikan

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Jakarta, Kominfo – Paham radikalisme berpotensi menyebabkan sikap intoleransi yang akan menimbulkan konflik. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin saat menerima Dewan Pembina Tali Foundation, Agus Syariful Anam, beserta rombongan di Kantor Wapres Jalan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (07/01/2020) siang.

    “Sumber daya manusia unggul tidak cukup dengan memiliki ilmu pengetahuan yang baik namun juga tidak tercemar oleh paham radikalisme,” ujar Wapres.

    Wapres menilai Program Tali Foundation di bidang pendidikan merupakan model tersendiri untuk menjadi sekolah muslim yang menyiapkan sumber daya manusia unggul. “Sangat penting melalui pendidikan, generasi muda memiliki paham yang benar sehingga unggul dan memiliki komitmen kebangsaan,” ujarnya.

    Lebih lanjut Wapres mengungkapkan untuk mencegah berkembangnya paham radikalisme, maka pengajaran moderasi dalam Islam atau Islam Wasatiyyah penting untuk dilakukan, sehingga dapat tercermin dalam cara berpikir dan bertingkah laku sehari-hari. “Islam Wasatiyyah menerima keberagaman,” ucap Wapres.

    Sebelumnya Dewan Pembina Tali Foundation, Agus Syariful Anam, menjelaskan mengenai sejarah dan misi yang dibawa oleh Tali Foundation. Ia mengatakan bahwa organisasi yang didirikan sejak tahun 2009 silam oleh Tamsil Limrung telah mendirikan Sekolah Insan Cendekia Madani (ICM) di empat kota.

    “Sekolah ICM telah didirikan di Makassar, Gunung Sahari Serang, Serpong, dan Gunung Geulis Bogor. Tujuh ratus siswa SMP dan SMU ada di asrama Serpong dan 120 siswa SMU ada di asrama Gunung Geulis,” terang Agus.

    Lebih lanjut Agus menjelaskan bahwa melalui misi pendidikan, Tali Foundation bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang radikalisme agar anak didik tidak tercemar paham tersebut.

    Dari sisi prestasi, Sekolah ICM telah berhasil meraih penghargaan arsitektur terbaik dan penghargaan Adiwiyata serta telah melahirkan 5.000 siswa yang melanjutkan sekolah ke luar negeri melalui program beasiswa. Dua di antaranya di Rusia mengambil pendidikan penerbangan dan teknik nuklir.

    Ke depan, Tali Foundation akan meresmikan Sekolah ICM di Serpong pada bulan Februari 2020. Pada momen ini pula Tali Foundation akan membangun jejaring Sekolah Islam Terpadu.

    Sebagai informasi, Tali Foundation adalah sebuah lembaga sosial kemanusiaan berbentuk yayasan yang dideklarasikan pada bulan Agustus 2009 di kota Makassar. Secara filosofis, penamaan yayasan ini memiliki makna yang saling menguatkan, dan misi yang diusung adalah untuk menjadi lembaga kemanusiaan yang jujur, mandiri, professional, dan berperan aktif dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan masyarakat.

    Hadir bersama Agus, Direktur Eksekutif Jusman Dalle, Sekretaria Phirman Rezha, Wakil Sekretaris Lina Komarudin dan Fadly Idris, Direktur Media Ahmad Faizal Tahir, dan Direktur Sekolah ICM Serpong Muzakir Djabir.

    Sementara Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, Plt. Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Abdul Muis, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, dan Staf Khusus Wapres Bidang Umum Masykuri Abdillah. 

    Berita Terkait

    Pemerintah Terus Tingkatkan Kapasitas dan Koordinasi Penanganan Covid-19

    “Karena itu, pemerintah juga sudah menambah sekarang ini rumah sakit, bukan hanya yang 132 tapi juga RS Swasta, RS BUMN, RS TNI/Polri,” Selengkapnya

    Wapres: Edukasi Masyarakat Kelola Informasi Penting Dilakukan

    Di era keterbukaan informasi publik saat ini, masyarakat dengan mudah dapat mengakses informasi dari berbagai sumber. Hal ini menyebabkan ma Selengkapnya

    Pemerintah Dorong Transformasi Digital ke Seluruh Pelosok Tanah Air

    Pemerintah berkomitmen untuk mendorong proses transformasi digital khususnya di bidang penyiaran. Hal tersebut disampaikan Wakil Presiden (W Selengkapnya

    Tingkatkan Komitmen Berbangsa dan Bernegara Melalui Empat Pilar Kebangsaan

    Indonesia memiliki fondasi yang dikenal dengan istilah empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia Selengkapnya