FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 12-2019

    6323

    [HOAKS] Mengikat Luka Gigitan Ular Berbisa Agar Racun Tidak Menyebar

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Selama ini masyarakat memahami bahwa untuk melakukan pertolongan pertama ketika mengalami gigitan ular berbisa adalah dengan mengikat daerah bekas gigitan agar bisa ular tidak menyebar keseluruh tubuh.

    Faktanya pakar toksikologi dan bisa ular DR. dr. Tri Maharani, M.Si SP.EM menejaskan apabila mengikat daerah bekas gigitan ular adalah tindakan yang salah, tindakan tersebut tidak membantu sama sekali. Bisa ular tetap akan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Menurutnya dengan mengikat bekas gigitan justru akan terjadi pembekuan darah hingga dapat berujung amputasi. Adapun menurut Tri Maharani cara penanganan yang tepat adalah dengan membuat bagian tubuh yang terkena gigitan benar-benar tidak bergerak atau imobilisasi, tujuannya untuk menunda racun menjalar ke seluruh tubuh dan merusak organ-organ tubuh. Hal itu dilakukan karena bisa ular menyebar melalui kelenjar getah bening, apabila otot-otot bergerak, maka kelenjar getah bening akan mengalirkan bisa ular.

    KATEGORI: HOAKS

    Link Counter :

    https://jateng.tribunnews.com/2019/02/09/bukan-mengikat-kencang-luka-ini-cara-paling-tepat-agar-tak-mati-setelah-digigit-ular-berbisa

    https://news.detik.com/berita/d-4678801/tak-usah-isap-dan-ikat-luka-gigitan-ular-lakukan-ini-saja

    Berita Terkait

    [HOAKS] Spesimen Surat Suara Bakal Calon Gubernur Jawa Timur

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Gas LPG Ukuran 3 Kg yang Berisikan Air

    Selengkapnya

    [HOAKS] Kota Sabang Diguncang Gempa, Ribuan Warga Sekarat

    Selengkapnya

    [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Wali Kota Samarinda Dr. H. Andi Harun

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA