FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 09-2019

    102

    [HOAKS] Maklumat Majelis Rakyat Papua

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: HOAKS

    Penjelasan :

    Telah beredar di media sosial Twitter pada Senin, 9 September 2019 sebuah maklumat yang mengatasnamakan Majelis Rakyat Papua (MRP) berisi seruan agar mahasiswa Papua tetap melanjutkan kuliah di kota studinya masing-masing. Adapun isi narasi dari maklumat tersebut sebagai berikut. "Terkait dengan perkembangan penanganan masalah rasisme yang sudah ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian dan TNI serta hasil rapat koordinasi tingkat Provinsi Papua, dengan ini Majelis Rakyat Papua mencabut maklumat tanggal 21 Agustus 2019 nomor 05/MRP/2019 sekaligus diserukan agar mahasiswa Papua yang belum kembali ke Provinsi Papua untuk tetap melanjutkan studi di masing-masing kota studi, sedangkan mahasiswa Papua yang sudah terlanjur kembali di Provinsi Papua agar segera kembali ke kota studi sebagai duta kultural orang asli Papua yang dapat hidup harmonis dengan seluruh elemen bangsa Indonesia."

    Setelah ditelusuri, ternyata maklumat tersebut adalah tidak benar. Hal tersebut dibantah oleh Ketua Majelis Rakyat Papua Timotius Murib, beliau menegaskan bahwa surat maklumat itu palsu dan tidak benar. Hal tersebut juga dibantah oleh Sekretariat MRP dalam postingannya di akun Facebook Sekretariat Majelis Rakyat Papua yang menyatakan bahwa maklumat yang beredar tersebut adalah hoaks. Sekretariat MRP pun meminta publik untuk mengabaikan maklumat yang beredar itu.

    Link Counter :

    https://cekfakta.tempo.co/fakta/393/fakta-atau-hoaks-benarkah-maklumat-mrp-yang-menyerukan-mahasiswa-papua-tetap-melanjutkan-kuliah-di-kota-studinya-masing-masing

    https://www.facebook.com/humasmrp/photos/a.1419279204781963/2515889351787604/

    https://nasional.tempo.co/read/1245799/majelis-rakyat-belum-cabut-seruan-siswa-papua-agar-pulang

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Tape Singkong Obat Ambeien atau Wasir

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Bank BUMN Bakal Selamatkan Bank Muamalat

    Selengkapnya

    [HOAKS] Toko Obat Akhir 1800-an Memiliki Simbol Daun Ganja

    Selengkapnya

    [HOAKS] Lowongan Kerja PDAM Kabupaten Tegal

    Selengkapnya