FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 08-2019

    996

    Hadiri Forum IAID 2019, Menkominfo Bicara Infrastruktur Ekonomi Digital

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Badung, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memaparkan tentang infrastruktur tol langit yang akan menopang ekonomi digital di Indonesia. "Indonesia membangun jaringan palapa ring untuk mendukung pengembangan ekonomi digital," kata Rudiantara dalam Diskusi Panel rangkaian acara Indonesia Africa Infrastructure Dialogue (IAID) di Bali Nusa Dua Convention Center, Badung, Bali, Selasa (20/08/2019).

    Dalam kesempatan itu, Menteri Kominfo menjelaskan Palapa Ring sebagai infrastruktur konektivitas yang menghubungkan seluruh Indonesia dengan jaringan tulang punggung serat optik internet cepat. Infrastruktur yang dibangun dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha itu ditargetkan menopang pengembangan ekonomi digital di Indonesia.

    Menurut Rudiantara, ekonomi digital menjadi masa depan kerja sama Indonesia dan Afrika. "Ekonomi digital akan menjadi potensi kerja sama strategis di masa depan antara Indonesia dan Afrika," ungkapnya.

    Indonesia -Africa Infrastructure Dialogue digelar Kementerian Luar Negeri pada 20-21 Agustus 2019. Kegiatan selama dua hari tersebut dihadiri oleh delegasi dari 53 negara Afrika untuk berdiskusi tentang berbagai potensi kerjasama bisnis bidang infrastruktur dengan Indonesia. 

    IAID merupakan tindak lanjut atas Indonesia-Africa Forum (IAF) yang telah dilaksanakan pada 10-11 April 2018 di Bali. IAID difokuskan untuk meningkatkan kerja sama dengan negara-negara di benua Afrika, khususnya di bidang infrastruktur, untuk mendukung pergerakan barang dan jasa, serta mendorong investasi dan pertumbuhan ekonomi.Isu-isu lain yang dibahas selama IAID, yaitu energi, konektivitas, industri strategis, perdagangan, pariwisata, skema finansial, pertanian, infrastruktur sosial, dan kerja sama triangular.

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    [Berita Foto] Rayakan Natal 2023, Menkominfo Gelar Open House

    Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju hadir untuk bersilaturahmi dalam acara tersebut. Selengkapnya

    Kolaborasi Kominfo-DWP Tingkatkan Literasi Digital Perempuan

    Perempuan memilki kesempatan berwirausaha melalui e-commerce, hingga memberikan kesempatan bagi perempuan dan pasangannya menyeimbangkan kar Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Acara Puncak Peringatan Hakordia 2023

    Presiden mengungkapkan, sebagai bagian dari upaya pencegahan korupsi pemerintah telah melakukan digitalisasi di berbagai pelayanan, seperti Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA