FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 08-2019

    1637

    [DISINFORMASI] Video HRS Pimpin Doa Pemakaman Mbah Moen

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Penjelasan:

    Telah beredar postingan di media sosial yang berisikan video yang dinarasikan bahwa Habib Rizieq Shihab (HRS) memimpin doa pada saat pemakaman KH Maimun Zubair (Mbah Moen) di Jannatul Ma'la, Makkah Al-Mukarramah, Arab Saudi.

     

    Setelah ditelusuri, yang sebenarnya memimpin doa pemakaman Mbah Moen adalah seorang ulama Makkah, Sayyid Ashim bin Abbas bin Alawi Al-Maliki, yang merupakan keponakan Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kantor Daerah Kerja (Daker) Makkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Subhan Cholid, yang bertanggungjawab terhadap para WNI di Makkah dan Asyrofi, seorang petugas haji yang mendampingi Mbah Moen, sejak di Rumah Sakit, hingga ke pemakaman. Terkait dengan video yang disajikan dalam postingan tersebut, menurut atase KBRI Riyadh, Sa'dullah Affand, Rizieq Shihab juga tampak hadir berada di tengah kerumunan warga. Bahkan tanpa rasa takut, tiba-tiba Rizieq mengencangkan suaranya dan berdoa untuk Mbah Maimun Zubair. Terkait hal itu, Sa'dullah menyebut bukan hal istimewa. Beliau mengatakan bahwa siapapun yang hadir dalam takziah membaca doa, tidak ada ketentuan formal untuk mendoakan kepada tokoh dan ulama besar Mbah Moen. Jadi, menurut beliau Habib Rizieq membaca doa di tengah kerumunan itu, sama saja dengan jemaah lain yang juga turut mendoakan. Bukan dia yang memimpin doa dan prosesi pemakaman, melainkan ulama Makkah Sayyid Ashim bin Abbas bin Alawi Al-Maliki.

    Link Counter:

    https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190807070727-20-419066/bukan-rizieq-doa-pemakaman-mbah-moen-dipimpin-ulama-makkah?fbclid=IwAR3T50qQxThp_GtJ2oh2Jdzm7eQg-LCaDCreoJVS4ulHdLrqx5j8qy0UJok

    https://m.liputan6.com/news/read/4032269/rizieq-shihab-tidak-pimpin-doa-saat-pemakaman-mbah-maimun-zubai

    Berita Terkait

    [HOAKS] Video Situasi Terkini di Sekitaran Gedung Mahkamah Konstitusi

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Tentara Cina Mendarat di Kota Manado

    Selengkapnya

    [HOAKS] Serpihan Logam dalam Makanan Bayi

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Pembuatan Sayur Kol Palsu

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA