FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 05-2019

    2513

    [DISINFORMASI] Sweeping HP oleh TNI POLRI

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Penjelasan :

    Telah beredar unggahan pada media sosial facebook dengan narasi unggahan tersebut “ Sweeping HP TNI POLRI sudah di mulai di setiap transportasi umum maupun pribadi. Hati-hati bagi teman-teman yang berangkat ke Jakarta. Kosongkan HP dari grup-grup yang bernuansa pendukung 02. Bila perlu uninstal apk WhatsApp Facebook dll. setelah tiba di Jakarta baru instal kembali. Semoga bermanfaat” .

    Faktanya adalah memang benar TNI POLRI melakukan sweeping di Suramadu, Terminal, Stasiun dan Bandara di Jawa Timur. Adapun pemeriksaan itu berupa identitas, senjata tajam, dan arah tujuannya, hal tersebut dilakukan sebagai wujud pengamanan gelombang pergerakan massa jelang pengumuman hasil akhir pemilu dan pilpres 2019 tanggal 22 mei mendatang di KPU RI, di Jakarta.

    "Kalau membawa identitas dan bersih dari sajam, kita akan tetap memeriksa harus menjelaskan kemana. Kita akan memeriksa berulang," ujar Zain Dwi Nugroho Kapolresta Sidoarjo, Sabtu (18) / 5) malam. Dari penjelasan tersebut bahwa TNI POLRI tidak melakukan sweeping HP.

    Link Counter:

    https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190519033034-20-396096/jelang-22-mei-polisi-sweeping-suramadu-terminal-dan-bandara

    https://www.liputan6.com/news/read/3970104/jelang-22-mei-tni-polri-sweeping-penumpang-di-stasiun-jember

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Google Tampilkan Hasil Elektabilitas Pemilu 2024

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Warga Solo Tolak Kedatangan Prabowo dan Gibran

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Presiden Joko Widodo Pecat Ketua MK Anwar Usman

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Kabupaten Gunungkidul Darurat Klitih

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA