FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 05-2019

    1751

    [DISINFORMASI] Usai Tarawih, Ada Meteor Jatuh di Probolinggo

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Penjelasan :

    Telah beredar postingan website yang dibagikan di media sosial Facebook, Youtube dan Whatsapp video yang berisi tentang meteor jatuh yang terlihat jelas warna biru menyala di atas langit, postingan itu diiringi narasi Masyarakat di wilayah Probolinggo dikejutkan munculnya sebuah benda aneh yang terjatuh dari langit setelah melaksanakan salat tarawih perdana, Minggu, 5 Mei 2019. Kejadian langka tersebut diketahui warga Probolinggo terjadi sekitar pukul 19.30 WIB.

    Setelah ditelusuri pada laman Kompas.com, ditemukan klarifikasi dari Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( Lapan) Watu Kosek, Kejapanan, Gempol, Kabupaten Pasuruan, Dian Yudha Risdianto mengatakan, video tersebut merupakan video lama yang terjadi di luar negeri tepatnya di Buenos Aires dan diunggah melalui akun Instagram @skytravelcr. Menurutnya, pihaknya tidak membantah jika memang pada kisaran tanggal 6 – 7 Mei terjadi hujan meteor Eta Aquarids. Namun, dipastikan tidak seperti yang terlihat di video viral tersebut. Dirinya juga membenarkan jika warga bisa menyaksikan langsung fenomena hujan meteor namun kondisinya tidak seperti yang terlihat di video yang diviralkan netizen dan terjadi di Probolinggo. 

    Sebelumnya, ramai diperbincangkan sejumlah warga di Pasuruan dan Probolinggo melihat adanya meteor yang melintas di langit di saat tarawih. Alih – alih tiba – tiba beredar video dari netizen yang dikabarkan berasal dari Probolinggo padahal video tersebut merupakan video unggahan lama pada 22 April 2019 lalu.

    Link Counter :         

    https://regional.kompas.com/read/2019/05/07/18292351/viral-video-benda-diduga-meteor-jatuh-di-probolinggo-ini-kata-lapan

    https://www.wartabromo.com/2019/05/07/hoax-video-benda-mirip-meteor-bukan-di-probolinggo-tapi-di-brasil/

    https://jatimnow.com/baca-15657-lapan-beberkan-fakta-baru-fenomena-meteor-jatuh-di-probolinggo 

    https://www.instagram.com/p/Bwi1x2lg1P9

    Berita Terkait

    [HOAKS] Video Tentara Cina Mendarat di Kota Manado

    Selengkapnya

    [HOAKS] Warga Negara Komunis Cina Menjadi Presiden Republik Indonesia

    Selengkapnya

    [HOAKS] Ganjar Pranowo Sudah Dipersiapkan Jadi Presiden oleh PKI

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Google Tampilkan Hasil Elektabilitas Pemilu 2024

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA