FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 03-2019

    1838

    [DISINFORMASI] TNI POLRI Bakar Rumah Warga di Mugi dan Darakma, Nduga Papua

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Penjelasan:  

    Media sosial facebook kembali dihebohkan dengan berita bahwa TNI POLRI Bakar Rumah Warga di Mugi dan Darakma, Nduga Papua. berita ini di apload oleh akun Fanpage TPNPB. Menurut akun tersebut sejak tanggal 1 maret 2019, pihak militer Indonesia telah menyeberangi Kali Mugi, dan tiba di Lapangan Terbang Darakma. Akun tersebut juga mengatakan, ada 50 rumah adat honai dibakar pasukan dari Indonesia tersebut. Asap yang terlihat pada gambar tersebut merupakan pembakaran 1 unit eksavator milik PT Istaka Karya yang sudah tidak beroperasi lagi (rusak) yang dilakukan oleh kelompok KKB,".

    Setelah ditelusuri lebih lanjut Kapendam XVII/Cendrawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi, menyebut, gerombolan yang dipimpin Egianus Kogeya, berani menebar hoaks dan teror di Nduga, Papua, karena kondisinya sudah terjepit, dan kekurangan bantuan makanan. Sebab, hampir seluruh kampung sudah dikuasai oleh aparat keamanan. Pihak gerombolan OPM kata dia, selalu menggunakan rakyat sebagai tameng dengan cara mengintimidasi rakyat dan memaksa untuk mengungsi. “KKB (OPM), selalu berupaya membentuk opini dengan memutar-balikkan fakta seolah-olah TNI/Polri yang melakukan kejahatan kemanusiaan dengan isu ribuan rakyat mengungsi dan kelaparan di hutan. Padahal kehidupan sosial dan roda perekonomian di Kabupaten Nduga berjalan dengan normal," ujar Aidi sebagaimana dilansir Kompas.

    Link Counter:

    http://surabaya.tribunnews.com/2019/03/01/kronologi-perburuan-kkb-papua-di-nduga-hingga-membuat-alat-berat-dibakar-tni-sebut-ada-isu-hoax?page=2

    http://news.rakyatku.com/read/142460/2019/03/06/opm-

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Warga Solo Tolak Kedatangan Prabowo dan Gibran

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Ketua MK Anwar Usman Anulir Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Debat Capres di Pilpres 2024 Ditiadakan

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Presiden Joko Widodo Melantik AHY Sebagai Menko Polhukam

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA