FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 02-2019

    3169

    [DISINFORMASI] Fakta 2014, Jokowi Menjadi Presiden Dengan Kecurangan

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: HOAKS/DISINFORMASI

    Penjelasan :

    Beredar di akun media sosial facebok yang mengunggah sebuah postingan berisi fakta - fakta mengenai kecurangan Jokowi pada pilpres 2014 lalu.

    dalam postingannya, akun facebook bernama Anie Soeprapto menguraikan kecurangan - kecurangan yang terjadi di pilpres 2014 lalu dalam beberapa point, diantaranya:

    1. Pembongkaran dan pembakaran kertas suara di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

    2. KPPS merobek dengan kuku kertas suara

    3. Kotak suara yang daerahnya terdeteksi paling banyak memilih prabowo Hatta di bongkar paksa di beri campuran platform kosong

    4. Hasil kertas suara yang berada di pedalaman yang pengirimannya melalui truk dan jasa perairan dan bandara di ganti isinya dengan yang baru berisikan kertas suara mencoblos Jokowi,

    5. Daerah pedalaman yang masyarakatnya mudah di intimidasi seperti pedalaman irian, di paksa tidak boleh ikut coblos karena Kpu dan KPPS mencoblos sendiri kertas suara untuk jokowi.

     

    Faktanya setalah dilakukan penelusuran hanya point nomor 2 saja yang terbukti benar terjadi.

    Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Jateng, Teguh Purnomo, mengatakan pelanggaran administratif dan pidana itu ditemukan oleh petugas pengawas pemilu di Kabupaten Sukoharjo. Modus perusakan itu, ungkap Teguh, yakni dengan melubangi surat suara menggunakan kuku tangan. 

    Terkait kotak suara di bongkar paksa dan dibakar di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, hal tersebut dibantah oleh KPU Jakarta Utara Abdul Muin.

    Menurut dia, kesaksian di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta pada Kamis 14 Agustus lalu yang diutarakan saksi kubu Prabowo-Hatta tersebut tidak berdasar.

    Padahal saksi yang mengatakan tersebut, menurut Abdul datang seusai proses dan saat petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ingin menutup gudang pada 23 Juli 2014 di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

    Selanjutnya Abdul menuturkan, saat proses di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara seluruh berita acara juga telah terselesaikan dan tidak ada masalah. Serta ditandatangani langsung saksi pasangan nomor urut 1 dan saksi nomor urut 2.

    Link Counter :

    https://www.liputan6.com/indonesia-baru/read/2092838/ketua-kpu-jakut-bantah-ada-upaya-pembakaran-surat-suara

     

    https://regional.kompas.com/read/2014/07/16/16190641/Seorang.Anggota.KPPS.Rusak.34.Surat.Suara.Pakai.Kuku.Tangan

     

    https://news.detik.com/berita/d-2669206/majelis-hakim-mk-tolak-dalil-kubu-prabowo-soal-ke curangan-di-papua

     

    Adapula isu mengenai masyarakat irian mudah diintimidasi, di paksa tidak boleh ikut memilih karena kpu dan kpps mencoblos sendiri kertas suara untuk jokowi, sebenarnya kasus tersebut telah sampai ke meja persidangan Mahkamah Konstitusi (MK).

    Hakim MK Patrialis Akbar menjelaskan mahkamah menolak dalil kubu Prabowo-Hatta terkait dugaan pelanggaran dari panitia pelaksana pemilu.

    "Dalil pemohon terbantahkan saat saksi pihak termohon bernama Imam menyatakan tidak ada pencoblosan surat suara yang dilakukan oleh petugas," jelasnya.

    Berita Terkait

    [HOAKS] Cara Deteksi Stroke dengan Gerakan Jari Tangan

    Selengkapnya

    [HOAKS] Warga Negara Komunis Cina Menjadi Presiden Republik Indonesia

    Selengkapnya

    [HOAKS] Istana Presiden Jakarta Dijaga Hercules

    Selengkapnya

    [HOAKS] Ban Mobil Presiden Jokowi Bocor saat Kunjungan ke Jawa Tengah

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA