FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
08 02-2019

14

[HOAKS] Gula Jawa Mengandung Formalin

Kategori Laporan Isu Hoaks | mth

KATEGORI: HOAKS

Penjelasan:              

Beberapa hari belakangan media sosial dihebohkan dengan informasi mengenai gula jawa yang mengandung formalin.

Dalam informasi yang beredar dijelaskan bahwa ternyata gula jawa yang sehat itu adalah yang dirubung lalat dan semut, lembek dan mudah meleleh, karena gula jawa yang keras adalah gula jawa berformalin. Gula jawa yang tidak pakai pengawet itu harum.

Menanggapi beredarnya isu tersebut, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) melalui penelitiannya, seperti yang dikutip dari situs pom.go.id menyatakan tidak ditemukan gula jawa/gula aren/gula merah yang mengandung formalin dan sulfit.

BPOM juga menjelaskan pihaknya telah melakukan pengambilan sampel gula merah/gula aren serta melakukan pengujian laboratorium di seluruh Indonesia. Dengan begitu BPOM menghimbau produsen dan pelaku usaha untuk menggunakan bahan tambahan pangan sesuai dengan ketentuan, tidak melebihi batas maksimum dan sesuai dengan jenis pangan yang ditetapkan serta dilarang menggunakan bahan berbahaya dalam produk pangan.

Link Counter :                     

http://www.pom.go.id/mobile/index.php/view/pers/320/PENJELASAN-BADAN-POM-TENTANG-ISU-GULA-JAWA-GULA-AREN-GULA-MERAH-YANG-DIDUGA-MENGANDUNG-FORMALIN.html

Berita Terkait

[HOAKS] Tragedi Pembacokan di Majalengka oleh Kelompok Geng Motor

Selengkapnya

[DISINFORMASI] Jus Daun Pepaya Dapat Menyembuhkan DBD

Selengkapnya

[HOAKS] Angola Melarang Agama Islam

Selengkapnya

[HOAKS] Coca Cola dan Pepsi Cola Minuman Arak

Selengkapnya