FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 02-2019

    6166

    [HOAKS] Pesan Berantai Wanita Meninggal Setelah Makan Mie Goreng Mengandung Arsenic

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: HOAKS

    Penejelasan:

    Belakangan beredar informasi melalui broadcast whatsapp yang menyatakan bahwa ada seorang wanita yang meninggal akibat terlalu banyak mengonsumsi mie goreng yang mengandung “Arsenic Pentoxide”. Mie tersebut kemudian bereaksi ketika si wanita memakan coklat, yang membuat Arsenic Pentoxide berubah menjadi Arsenic Trioxide yang sangat beracun.

    Pada bagian akhir pesan tersebut tercantum "Info kesehatan Kemenkes RI".

    Sontak pesan berantai tersebut menimbulkan keresahan dikalangan pengguna aplikasi whatsapp dan media sosial lainnya.

    Menanggapi hal tersebut, dilansir dari laman https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3522736/makan-cokelat-setelah-makan-mi-goreng-bisa-bikin-meninggal detikHealth melakukan wawancara dengan ahli gizi Leona Victoria Djajadi, MND, terkait kebenaran informasi ini.

    Menurut Victoria, segala jenis arsenic (terutama yang sintetik), memang tergolong produk beracun. Namun memang di dalam tubuh manusia serta hewan, akan selalu ada arsenic dalam level yang sangat rendah. Ini merupakan akumulasi dari makanan maupun dari udara.

    "Bukannya tidak mungkin ada kontaminasi arsenic atau keracunan. Tapi yang tidak mungkin adalah produsen mie yang sudah lolos sertifikasi BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan -red), dengan sengaja memakai arsenic sebagai bahan bakunya. Jadi ini super duper hoaks," ungkap ahli gizi lulusan University of Sydney ini kepada detikHealth.

    Victoria menegaskan bahwa informasi ini hoaks, tidak benar jika disebutkan makan cokelat setelah makan mie bisa memicu keracunan, bahkan sampai meninggal mendadak. Menurutnya, efek samping yang timbul justru lebih ke arah obesitas. Sebab baik mie maupun cokelat diketahui memiliki kalori yang cukup tinggi.

    Link counter:

    https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3522736/makan-cokelat-setelah-makan-mi-goreng-bisa-bikin-meninggal

    Berita Terkait

    [HOAKS] Pesan WhatsApp Mengatasnamakan Polres Klaten

    Selengkapnya

    [HOAKS] Tautan Situs Berhadiah Mengatasnamakan Indomaret

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Presiden Jokowi Pecat Menteri yang Mengatakan G20 Bali Gagal

    Selengkapnya

    [HOAKS] Menlu Rusia Sergei Lavrov Dilarikan ke RS Sanglah, Bali

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA