FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
05 06-2018

133

Laporan Kinerja (LKj) Kemkominfo Tahun 2017

Kategori Laporan Kinerja | brs

Ekonomi Indonesia juga mengalami pergeseran dari ekonomi yang titik beratnya berbasis komoditas ke aktivitas ekonomi berbasis layanan. Dinamika dari era digital ini juga telah menyebabkan terjadinya cara baru yang memanfaatkan perubahan teknologi, khususnya digital di beberapa sektor yang timbul sebagai salah satu solusi untuk mengatasi ketidakefisienan dengan antara lain mengadopsi model bisnis “sharing economy”. Saat ini, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki peluang besar untuk mengembangkan sharing economy tersebut. Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital, pemerintah dituntut untuk melakukan transformasi dalam memberikan layanan publik yang lebih baik kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi digital.

Dalam rangka memperkuat ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) fokus pada reformasi kebijakan di sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), terutama yang terkait dengan DNA (Device/perangkat, Network/jaringan, Application/aplikasi). Berbagai affirmative policy dilakukan dengan pendekatan light touched regulation untuk mempermudah proses perizinan, penyediaan internet dengan kecepatan tinggi, serta dukungan terhadap startup, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), petani serta nelayan untuk meningkatkan kesejahteraannya dengan memanfaatkan TIK sebagai enabler. Hasil capaian pelaksanaan program-program tersebut, disampaikan dalam Laporan Kinerja (LKj) Kemkominfo.

Selain membuat kebijakan sektor TIK, Kemkominfo juga melaksanakan fungsi edukasi khusus dalam melaksanakan program kebijakan keberpihakan bagi masyarakat di daerah 3T dengan menggelar program aksi literasi digital berbasis komunitas di 17 Kabupaten, 8 Provinsi dan 45 Komunitas kawasan perdesaan dalam rangka penguatan budaya digital untuk pengelolaan media informasi di daerah 3T. Selain itu, Kemkominfo juga berperan sebagai Government Public Relations dalam mendiseminasikan program- program pemerintah dengan menyajikan informasi resmi dan akurat dari lintas sektor pemerintah dalam bentuk grafis sehingga masyarakat dapat lebih mudah memahami program-program pemerintah tersebut beserta hasil-hasilnya.

Dengan disusunnya Laporan Kinerja (LKj) Kemkominfo Tahun 2017 ini, diharapkan dapat menjadi perwujudan dari upaya Kemkominfo dalam menjaga akuntabilitas kinerja dan menjadi media komunikasi bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi terkait kinerja Kemkominfo. Melalui laporan kinerja ini pula, diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi peningkatan kinerja di lingkungan internal Kemkominfo.

Unduh Laporan Kinerja (LKj) Kemkominfo Tahun 2017 disini

Berita Terkait

Laporan Kinerja Dirjen Aplikasi Informatika Tahun 2017

Laporan disusun berdasarkan sasaran kinerja yang diturunan dari Rencana Strategik (Renstra) yang lebih tinggi yakni Kementerian Komunikasi d Selengkapnya

Laporan Kinerja Sekretariat Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2017

Laporan Kinerja Sekretariat Jenderal ini disusun mengacu pada Peraturan Presiden Nomor Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Selengkapnya