FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 02-2018

    2536

    Presiden: Pers Ingat Kembali Kesejarahan Tokoh Adinegoro

    Kategori Berita Pemerintahan | daon001

    Sawahlunto, Kominfo - Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi yang tinggi terhadap sosok Djamaluddin Adinegoro yang merupakan tokoh pers besar dan sangat berpengaruh dalam bidang penulisan dan kesusastraan Tanah Air.

    Apresiasi tersebut disampaikan Kepala Negara saat mengunjungi tempat yang sangat bersejarah bagi Djamaluddin Adinegoro, yakni rumah dimana Djamaluddin Adinegoro dilahirkan dan dibesarkan yang berada di kawasan Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatra Barat.

    "Beliau tokoh pers yang betul-betul harus kita ingat karena sekarang ini kita ada kecenderungan meninggalkan kesusastraan sehingga baik sisi jurnalisme, sisi penulisan harus mengingat kembali kesejarahan dari beliau Bapak Djamaluddin Adinegoro," ujar Presiden pada Kamis, 8 Februari 2018.

    Dalam kesempatan tersebut, Presiden menyerahkan sertifikat kediaman almarhum Djamaluddin Adinegoro di kawasan Talawi, Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatra Barat. Adapun luas tanahnya adalah 2.459 meter persegi.

    Presiden juga mendukung rencana pembangunan Museum Adinegoro. "Tentu saja nanti kesejarahan dari beliau akan diabadikan di dalam museum yang ada," ungkap Presiden.

    Presiden yang hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, menyebutkan sejumlah hasil karya almarhum Djamaluddin Adinegoro yang telah terkenal dan melegenda. Mulai dari 'Darah Muda', 'Asmara Jaya', 'Melawat ke Barat', hingga pembuat atlas pertama Indonesia.

    Oleh karena itu, Presiden berharap Museum Adinegoro akan memberikan banyak manfaat bagi kemajuan jurnalistik dan kesusastraan Tanah Air.

    "Ya tentu saja penulisan-penulisan dengan pendalaman materi yang matang, kemudian berita-berita yang bermanfaat, yang memberikan pencerahan kepada masyarakat, yang memberikan optimisme kepada masyarakat, yang membangkitkan harapan ke depan kepada masyarakat," ucap Presiden.

    Keluarga besar almarhum Djamaluddin Adinegoro pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Presiden Jokowi yang telah memberikan perhatian yang luar biasa kepada almarhum Djamaluddin Adinegoro serta rencana pembangunan Museum Adinegoro.

    "Mudah-mudahan ini bermanfaat untuk pendidikan dan terutama kemajuan pers Indonesia," ucap salah seorang Cucu Adinegoro, Medrial Alamsah.

     

    Sawahlunto, 8 Februari 2018
    Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden
    Bey Machmudin

    Berita Terkait

    Presiden Tinjau Kesiapan Alutsista di Pangkalan TNI AU Iswahjudi

    Dalam penjelasannya kepada Presiden, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo mengatakan bahwa dua F-16 yang ditampilkan adalah F-16 C/D dan F-16 AM/BM Selengkapnya

    Presiden Ajak ASEAN dan Australia Perkuat Kemitraan di Usia Emas 50 Tahun

    ASEAN dan Australia berbagi tanggung jawab bersama untuk menjaga stabilitas, perdamaian, dan kemakmuran di kawasan tersebut. Selengkapnya

    Presiden Sambut Kunjungan Resmi PM Xanana Gusmao di Istana Bogor

    PM Xanana Gusmao beserta delegasi tiba di Istana Bogor sekitar pukul 09.00 WIB, diiringi oleh pasukan Nusantara, pasukan berkuda, dan korps Selengkapnya

    Presiden Instruksikan Jajaran Waspadai Dinamika Geopolitik

    Kepala Negara menyampaikan pentingnya meningkatkan kewaspadaan terhadap perubahan iklim yang dapat mengganggu musim tanam dan panen raya. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA