FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
15 12-2017

153

Kunjungi Kominfo, Siswa SMK Bahrul Maghfiroh Belajar Soal Industri TIK

Kategori Berita Kementerian | ivon001
Kepala Sekolah SMK Bahrul Maghfiroh Lampung bersama Kasubbag TU Biro Humas Kementerian Kominfo saat memberi sambutan di hadapan para siswa dalam kunjungan industri bidang ICT di Ops Room Lt. 2 Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta Jumat (15/12/2017). - (Runny Tamara)

Jakarta, Kominfo – Biro Humas Sekretariat Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika menerima kunjungan guru dan siswa pelajar Jurusan Teknik Komputer Jaringan Sekolah Menengah Kejuruan Bahrul Maghiroh Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, Bandar Lampung. 

 

Kunjungan tersebut ditujukan untuk meningkatkan inovasi dan potensi para siswa, khususnya di bidang teknik komputer dan jaringan, serta meningkatkan kemampuan dan pemahaman tentang informatika dan teknologi. “Karena sekarang ini teknologi komunikasi sangat penting dan menjadi modal dasar untuk kemajuan anak didik kami,” kata Kepala Sekolah SMK Bahrul Maghfiroh, Sholihin di Ops Room Lt. 2 Gedung Kementerian Komunikasi dan informatika, Jakarta Jumat (15/12/2017).

 

Diakui Solihin, pesatnya perkembangan teknologi saat ini peru diketahui siswa sekolah dan pengajar agar dapat terus meningkatkan kemampuan dan pemahaman tentang perkembangan teknologi. Oleh karena itu, Sholihin mengharapkan melalui kunjungan industri ini pelajar Teknik Komputer dan Jaringan serta Teknik Sepeda Motor dapat mengetahui lebih jauh tentang peluang kerja dan lingkung bidang teknologi.

"Kementerian Komunikasi dan Informatika itu seperti apa, kesesuaian materi ajaran dengan dunia industri apakah relevan dan berharap bisa lebih mengerti tentang Animasi, Broadcast, dunia penyiaran serta pemahaman tentang Undang Undang ITE Tahun 2016.," ungkapnya.

Rombongan berjumlah 130 orang itu diterima langsung oleh Kasubbag Tata Usaha Biro Humas Sugeng Pramono. Dalam pertemuan itu, Sugeng menjelaskan sejarah Kementerian Komunikasi dan Informatika, struktur organisasi dan tugas pokok setiap unit kerja, serta ragam industri telekomunikasi.

"Ada industri infrastruktur telekomunikasi, penyiaran, dan industri teknologi informasi yang mencakup jaringan-jaringan digital. Industri penyiaran ini yang membangun frekuensi kepada penyiaran-penyiaran radio dan televisi sehingga dapat memberikan informasi kepada masyarakat,” paparnya.

Lebih lanjut, Kasubbag TU Biro Humas Kominfo berpesan kepada siswa agar melakukan registrasi ulang kartu prabayar. “Hal itu sesuai Peraturan Menteri Kominfo Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Perubahan atas Peraturan Menkominfo Nomor 12 Tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi. Registrasi dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan nomor pelanggan, utamanya prabayar yang pendaftaran telah mulai dimulai per 31 Oktober 2017, dan paling lambat tanggal 28 Februari 2018,” jelasnya.

Sugeng juga memaparkan kewaspadaan atas persebaran berita hoax dan fake news yang bisa ditangkal dengan literasi. "Kita bisa dapatkan dari memperkaya bacaan dan informasi. Literasi media tidak lain merupakan kemampuan pembaca dalam mengidentifikasi kebutuhan akan informasi. Saat ini di media-media atau koran, sering dikatakan literasi pembaca itu rendah, itu artinya kemampuan pembaca mengetahui informasi itu masih rendah,” ungkapnya menjelaskan penyebab penyebaran hoaks.

Kepada para pelajar SMK Bahrul Maghfiroh, Sugeng juga menjelaskan Kementerian Komunikasi dan Informatika memiliki Sekolah Tinggi Multi Media di Yogyakarta yang menerima lulusan SLTA yang ingin melanjutkan kuliah di bidang IT dan Multimedia. Siswa juga mendapat informasi dari Pusat Data dan Sarana Informatika Kemkominfo mengenai pengelolaan data center, tata kelola dan akses jaringan, keamanan jaringan. (HM.YS)

Berita Terkait

Siswa SMK Pembangunan Cibadak Belajar Bijak Bermedia Sosial

Sebanyak 121 orang siswa SMK Pembangunan Cibadak, Sukabumi berkunjung ke Kementerian Komunikasi dan Informatika. Didampingi 21 orang guru me Selengkapnya

Kunjungi Kominfo, 100 Siswa SMK Belajar Tentang TIK dan Kebijakan

Selengkapnya

Kominfo Dorong Kolaborasi dan Sinergisitas Industri TIK

"Dalam industri telekomunikasi ini, tidak bisa berkompetisi terus menerus. Kadang kita harus berkolaborasi dan bersinergi. Ada interkoneksi, Selengkapnya

Video Kunjungan Kerja Menteri Kominfo di Alor NTT

Selengkapnya

comments powered by Disqus