FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 10-2017

    1389

    Handycraft Indonesia Diapresiasi, Akses Pasar Luar Negeri pun Dibuka

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska

    Hongkong - Kementerian Koperasi dan UKM memfasilitasi 13 UKM Indonesia untuk mengikuti Asia World Expo 2017 yang berlangsung di Hongkong 18-22 Oktober 2017. Berbagai kerajinan tangan unik (handycraft) hasil kreativitas UKM Indonesia turut dipasarkan dalam pameran tersebut.

    Kerajinan tangan dan produk handmade Indonesia inipun mendapat apresiasi dari Presiden Asia World Expo 2017 Mr. Cameron Walker, sekaligus sebagai tuan rumah. Cameron yang berkesempatan mengunjungi langsung Paviliun Indonesia menyampaikan rasa ketertarikannya.

    "Diapresiasi karena handycraft kita yang terbuat dari tangan, unik bagi mereka. Kan bangsa Eropa harga jual kerajinan tangan jauh lebih mahal dari mesin," kata Duta Koperasi Indonesia sekaligus pendamping, Dedi Gumelar alias Miing, Minggu (22/10/2017).

    Dalam kesempatan perbincangan keduanya, Cameron berharap Indonesia harus terus mengembangkan kerajinan tangan unik dan produk handmadenya. Dia berjanji akan memberikan akses pasar dan kesempatan lebih banyak bagi UKM Indonesia untuk mengikuti event pameran luar negeri.

    "Saya jelaskan kepada dia (Cameron) bahwa kita menarik karena kita memang begitu multikultur, sehingga kita kaya dengan kerajinan khas daerah masing-masing," tutur dia.

    Asia World Expo 2017 merupakan pameran terbesar yang dihadiri pelaku usaha dari berbagai negara. Indonesia mengirimkan 13 pelaku UKM, dengan dipimpin oleh Duta Koperasi Dedi Gumelar, serta perwakilan dari Deputi bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM.

    Dalam pamaren yang berlangsung selama 5 (lima) hari itu, UKM Indonesia memamerkan karya kerajinan tangan seperti kerajinan yang terbuat dari bahan kayu, perak, anyaman tiker, maupun kerang laut. Sementara peserta dari negara lain umumnya menampilkan produk pabrikan (industri).

    Miing sangat berharap Kemenkop dan UKM perlu membimbing terus UKM Indonesia supaya berorientasi ekspor. Dengan cara memberi pelatihan transaksi ekspor, pembekalan pengetahuan ekspor, maupun membuka akses permodalan untuk meningkatkan kapasitas produksi.

    "Pemerintah punya kewajiban untuk meningkatkan kapasitas produksi, bimbing mereka ke orientasi ekspor secara sikap mental, kemudian packaging," ujar Miing.

    Sumber: Humas Kementerian Koperasi dan UKM

    Berita Terkait

    Indonesia Jadi Bagian 10 Besar Negara Manufaktur di Dunia

    Meningkatnya daya saing sektor industri di Indonesia juga didukung oleh realisasi investasi, baik dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) m Selengkapnya

    Hindari Sengketa Informasi Publik, Wapres Minta Literasi Masyarakat Diperkuat

    Wapres pun meminta Komisi Informasi Pusat untuk mendampingi badan publik yang belum memperoleh predikat informatif, sehingga mereka dapat me Selengkapnya

    Bertemu Presiden Singapura, Wapres Ajak Pererat Kerja Sama Kedua Negara

    Sebagai negara sahabat yang erat hubungannya dengan Indonesia, Wapres mengajak mantan Wakil Perdana Menteri Singapura ini untuk mengunjungi Selengkapnya

    Kesuksesan Indonesia Kembali Pimpin Dunia

    Kembalinya Indonesia sebagai pemimpin dunia merupakan bukti bahwa Indonesia telah menjadi negara yang kuat dan berwibawa. Indonesia telah me Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA