FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 09-2020

    2498

    [DISINFORMASI] Presiden Belarus Klaim IMF Tawarkan Suap untuk Pembatasan Covid-19

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Telah beredar informasi di media sosial sebuah tangkapan layar berita yang mengatakan bahwa Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko menyatakan IMF (Dana Moneter Internasional) menawarkan suap untuk memberlakukan sosialisasi di tengah pandemi Covid-19.

    Setelah ditelusuri lebih lanjut, faktanya klaim itu salah. Lukashenko tidak menyatakan bahwa IMF menawarkan suap kepadanya, melainkan Lukashenko tidak mau menerima persyaratan tambahan untuk mendapatkan pinjaman Luar Negeri dimana untuk mendapatkan bantuan dana darurat Covid-19, IMF menuntut pemberlakuan karantina, isolasi, dan jam malam. Namun, hal itu pun dibantah oleh Direktur Komunikasi IMF Gerry Rice. Menurutnya, instrumen Pembiayaan Cepat IMF tidak menuntut seperti yang dikatakan Lukashenko melainkan mencari kepastian mengenai langkah-langkah untuk mengatasi pandemi Covid-19 sesuai rekomendasi WHO. Ini pun merupakan prosedur operasi standar yang berlaku bagi semua Negara.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://cekfakta.tempo.co/fakta/1008/fakta-atau-hoaks-benarkah-presiden-belarus-klaim-imf-tawarkan-suap-untuk-pembatasan-covid-19

    Berita Terkait

    [HOAKS] Video Berisi Klaim Semua Ahli Jantung dan Terapis Adalah Penipu

    Selengkapnya

    [HOAKS] Surat Pelatihan Bendahara Mengatasnamakan Pusat Pengembangan Kepegawaian ASN BKN

    Selengkapnya

    [HOAKS] Chairul Tanjung Berikan Bantuan untuk Melunasi Hutang di TikTok

    Selengkapnya

    [HOAKS] Pendaftaran Pesta Poin Berhadiah dari Bank Kalimantan Selatan

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA