FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 09-2023

    3682

    Kematian Petugas KPPS Pemilu 2019 Karena Diracun? Awas Disinformasi!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar konten unggahan video pembawa acara berita yang mengabarkan kegiatan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Video itu memaparkan penyebab Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 meninggal dunia.  Kemudian, video tersebut disambung dengan konferensi pers oleh sekumpulan dokter.

    Konon, dalam narasi video dinyatakan  bahwa IDI sepakat memutuskan bahwa penyebab kematian tersebut karena diracun, bukan karena kelelahan. Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatian menemukan fakta bahwa klaim tersebut menyesatkan.

    Faktanya IDI menyebut bahwa penyebab utama kematian petugas KPPS pada Pemilu 2019 bukan karena kelelahan, melainkan adanya penyakit bawaan seperti ada darah tinggi atau penyakit lain akibat tidak minum obat secara teratur.

    Dari laporan kompas.com, penelitian di Yogyakarta oleh tim ahli dari UGM yang terdiri dari lintas fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol), Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK), dan Fakultas Psikologi, mengungkapkan bahwa penyebab kematian terjadi secara natural, tidak ditemukan indikasi keracunan.

    Berikut laporan harian isu hoaks, disinformasi dan misinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Jumat (29/09/2023):

    1. [DISINFORMASI] Kematian Petugas KPPS Pemilu 2019 karena Diracun
    2. [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Mantan Pejabat Pemkot Semarang
    3. [HOAKS] Akun Facebook Mengatasnamakan Bupati Paser Fahmi Fadli dan Menawarkan Tes CPNS Non Seleksi

    Berita Terkait

    Serpihan Logam dalam Makanan Bayi? Awas Hoaks!

    Video tersebut beredar dengan narasi bahwa makanan bayi tersebut mengandung logam. Selengkapnya

    Pemilu 2024 Tak Gunakan Undangan Fisik, Itu Hoaks!

    Komisioner KPU RI Idham Holik membantah surat pemberitahuan atau undangan fisik untuk pemilih tidak lagi ada pada Pemilu 2024. Selengkapnya

    File Undangan Pemilu DPT Lewat WA, Awas Hoaks!

    File undangan pemilu DPT tersebut merupakan penipuan. Selengkapnya

    Cincin Perusak Kertas Suara Pemilu 2024? Itu Hoaks!

    Gambar tersebut adalah hoaks lama yang pernah beredar pada Pemilu 2019 dan kembali beredar menjelang Pemilu 2024. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA