FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 07-2021

    544

    Awas Disinformasi! Mobil Ambulans Sengaja Tabrak Mobil Warga

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta, Kominfo – Beredar konten unggahan video di media sosial Facebook berisi informasi ada 3 mobil ambulans kosong di Ngemplak Sukoharjo sengaja ugal-ugalan menabrak mobil warga.

    Konon, konten unggahan itu disertai narasi "3 Ambulance di Ngemplak Sukoharjo ugal2an nabrak mobil masyarakat. Setelah di introgasi warga, ngaku disuruh jalan mutar2."

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari turnbackhoax.id, ternyata informasi itu tidak benar.

    Faktanya, Ketua MDMC Kudus, Satriyo Yudo Budi Wicaksono didampingi Humas RS Aisyiyah Kudus, dr Agus Prastyo menjelaskan bahwa rombongan ambulans yang kecelakaan itu merupakan timnya.

    Namun, dia membantah jika ambulans timnya melaju ugal-ugalan. Alasan rotator mobil jenazah meski tidak membawa jenazah dihidupkan, karena untuk mengejar waktu guna mengambil jenazah Covid-19 lainnya yang berada di RSUD Kudus.

    Berikut laporan isu hoaks dan disinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Minggu (11/07/2021):

    [DISINFORMASI] Penyebab Kematian Pasien Covid-19 Bukan karena Virus Corona

    [HOAKS] Penyemprotan Pestisida di Udara Sebabkan Munculnya Penyakit Gejala Covid-19

    [DISINFORMASI] 3 Mobil Ambulans Sengaja Kosong Berkeliling Menabrak Mobil Warga

    [HOAKS] Mulai 7-30 Juli Warga Pangkalpinang Tidak Boleh Keluar Malam

    [DISINFORMASI] Pemerintah Uganda Mengubur Peti Mati Kosong Pasien Covid-19

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Pemerintah Akan Berikan Tambahan BPNT Tahap 2

    Kemensos RI memberikan klarifikasi melalui akun Instagram resmi @kemensosri, ternyata tidak pernah membuat tautan terkait pendaftaran maupun Selengkapnya

    Awas Hoaks Mobilisasi Taruna STIN dalam Pemilu 2024!

    STIN menegaskan mereka hanya melaksanakan hak konstitusional dan menggunakan hak pilihnya, bukan melakukan operasi intelijen seperti yang di Selengkapnya

    Awas Hoaks! Informasi Tenggat Penguruan STR Seumur Hidup

    Klaim terkait pengurusan STR Seumur Hidup bagi named dan nakes sebelum tanggal 1 Februari 2024 adalah tidak benar. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Menkeu Sri Mulyani Mengundurkan Diri

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA