FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 05-2024

    124

    Indonesia Serukan Kesetaraan Akses Air Bersih di Pulau-Pulau Kecil

    Kategori Artikel GPR | andr045
    Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Nugraha Mansury (kedua kanan), Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bob Arthur Lombogia (kanan) dan Utusan Air untuk Kerajaan Belanda Meike van Ginneken (kedua kiri) sebagai pemateri dalam 12th High Level Panel 10th World Water Forum 2024 bertema “Integrated Water Resources Management on Small Island” di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Badung, Bali, Selasa (21/5/2024). - (Pusat Media Forum Air Dunia 2024/Nyoman Hendra Wibowo)

    Pulau-pulau kecil (small islands) yang tersebar di seluruh dunia berhak mendapatkan akses atau fasilitas air bersih. Komitmen bersama ini dibahas dalam diskusi High Level Panel 12 World Water Forum ke-10 dengan topik “Integrated Water Resources Management on Small Islands” di Bali International Convention Center, Nusa Dua pada Selasa (21/5/2024).

    Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagian besar negara kepulauan kecil memiliki permasalahan yang sama seperti keterbatasan sumber daya, urbanisasi, pertanian, keterpencilan, kerentanan terhadap bencana alam karena pusat ekonomi dekat garis pantai, dan lingkungan alam yang rentan. 

    “Di negara-negara kepulauan kecil yang sedang berkembang, tantangan-tantangan ini semakin diperburuk oleh kurangnya sumber daya keuangan dan kapasitas teknis, sehingga mengganggu implementasi rencana ketahanan iklim,” kata Basuki.

    Lebih lanjut ia mengatakan, untuk mengatasi berbagai permasalahan terkait air, maka sangat penting untuk membangun dan memfasilitasi pemahaman berbasis pengetahuan mengenai dampak perubahan iklim terhadap negara-negara kepulauan kecil, pulau-pulau kecil, dan negara bagian.

    “Pertemuan High Level Panel ini diharapkan dapat memberikan kerangka kerja sama dalam mendorong dan menerapkan pengelolaan sumber daya air terintegrasi di pulau-pulau kecil,” ujarnya.

    Sementara Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury mengatakan bahwa Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan akses air bersih merata di seluruh pulau, termasuk di pulau-pulau kecil. Kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah menjadi kunci tercapainya tujuan aksesibilitas air bersih di pulau-pulau kecil.  

    “Melalui World Water Forum ke-10 ini, Pemerintah Indonesia dan perwakilan delegasi dari negara yang hadir mempunyai komitmen dalam mendorong pemerataan akses air bersih untuk pulau kecil,” ujar Pahala.

    Chief Financial Officer of the Water and Energy Company the Island of Bonaire, Joanne Balentien mengatakan bahwa Bonaire merupakan negara kepulauan yang sangat peduli terhadap akses air bersih. Kehadiran World Water Forum ke-10 diharapkan memberikan langkah nyata pada keberlangsungan sumber daya air di pulau kecil. 

    “World Water Forum ke-10 ini menjadi sarana bersinergi di mana kita bisa saling bertukar pengalaman dan wawasan terkait air. Pemerintah Bonaire sendiri memastikan pemasangan pipa merata agar penduduk yang tinggal merasa aman dan bebas memakai dan mengkonsumsi air bersih,” katanya.

    World Water Forum ke-10 dilaksanakan di Nusa Dua, Bali pada 18--25 Mei 2024 dengan tema besar Air untuk Kesejahteraan Bersama atau Water for Shared Prosperity. Terdapat enam subtema bahasan, yakni  Ketahanan dan Kesejahteraan Air; Air untuk Manusia dan Alam;   Manajemen dan Pengurangan Risiko Bencana; Tata Kelola Air, Kerja Sama dan Diplomasi Air; Pembiayaan Air Berkelanjutan; serta Pengetahuan dan Inovasi terkait dengan Air.(Ridho Syukra/Firda Puri/TR/Elvira Inda Sari)

     

     

     

    *****

     

    #10thWorldWaterForum #WaterForSharedProsperity

    Temukan konten lainnya di: https://s.id/worldwaterforumpedia

    Berita Terkait

    Indonesia Buka Ruang Kolaborasi Atasi Persoalan Air Global

    Selengkapnya

    Indonesia Tingkatkan Peran Pemerintah Daerah Pastikan Akses Air Bersih

    Selengkapnya

    Indonesia Serukan Penyelamatan Danau di World Water Forum ke-10

    Selengkapnya

    Indonesia Maksimalkan Tata Kelola Air untuk Sektor Pariwisata

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA