FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 10-2023

    234

    AIS Forum Wujudkan Solusi Inovatif Masa Depan Laut Berkelanjutan

    Kategori Rilis Media GPR | mth

    SIARAN PERS
    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA KTT AIS FORUM 2023
    No.32/SP/TKM-AISFORUM2023/10/2023
     
    AIS Forum Wujudkan Solusi Inovatif Masa Depan Laut Berkelanjutan

    Archipelagic and Island States (AIS) Forum menggelar AIS Startup Blue Business Summit untuk mendorong inovasi, kolaborasi, dan peluang memajukan sektor ekonomi biru. Kegiatan ini sebagai salah satu side event dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) AIS Forum yang digelar pada 10-11 Oktober 2023.

    Rangkaian AIS Startup Blue Business Summit berlangsung pada 6 - 11 Oktober 2023 dengan beberapa sesinya digelar di beberapa tempat di Nusa Dua, Bali. Fokus pertemuan adalah pembahasan mengenai pentingnya pengembangan ekonomi biru dalam menghadapi tantangan global sebagai perwujudan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Deveopment Goals (SDGs). Sebanyak 24 delegasi dari negara–negara pulau dan kepulauan diundang hadir untuk berpartisipasi.

    Terdapat beberapa rangkaian kegiatan dari AIS Startup Blue Business Summit, yakni Acceleration Lab, Plenary Session, AIS Blue Innovation Solution: Blue Solutions Aisle, serta Country Pavilion and Expo AIS. Accelerator Lab yang menjadi awal dari rangkaian kegiatan telah berlangsung sejak 6 Oktober 2023  di Nusa Dua, Badung, Bali. 

    Kepala Sekretariat AIS Forum Riny Modaso, Sabtu (7/10/2023) di Jakarta menjelaskan bahwa AIS Startup Blue Business Summit menjadi medium untuk mengembangkan para pelaku usaha ekonomi biru untuk kemudan menghubungkannya kepada pemangku kepentingan terkait kelautan, inovasi teknologi kelautan, dengan bisnis, pengusaha, maupun investor potensial lainnya.

    Tujuannya adalah mendukung pertukaran pengetahuan, kolaborasi, serta investasi di sektor ekonomi biru di negara-negara AIS.

    "AIS Startup Blue Business Summit memberikan peluang besar bagi para inovator, peneliti dan pemangku kepentingan lainnya untuk menjelajahi peran mereka dalam memanfaatkan potensi ekonomi biru. Dengan berinvestasi dalam solusi inovatif, negara-negara AIS dapat melindungi ekosistem mereka yang rentan, mengurangi dampak perubahan iklim, dan menciptakan masa depan yang berkelanjutan untuk komunitas mereka," ujar Riny.

    Riny mengungkapkan, para startup yang terpilih dari negara AIS akan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang dihadiri oleh lebih dari 200 peserta setiap hari. Mereka terdiri dari perwakilan bisnis, peneliti, investor, pemerintah dan non-pemerintah dari berbagai negara.

     “Kami berharap summit ini akan menjadi tonggak penting dalam upaya kita untuk mengatasi tantangan perubahan iklim dan memastikan kelangsungan sumber daya laut yang berlimpah di negara-negara partisipan AIS Forum,” katanya.

    Harapannya, summit ini dapat menjadi program yang bersifat kontinyu, dengan tujuan sektor ekonomi biru di negara-negara AIS Forum akan semakin berkembang dan dapat menjadi alternatif penunjang kesejahteraan masyarakat negara pulau dan kepulauan di seluruh dunia.

    ***

    Tentang AIS Forum:

    Archipelagic and Island States (AIS) Forum adalah sebuah wadah kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan sedunia yang bertujuan memperkuat kolaborasi untuk mengatasi permasalahan global dengan empat area utama, yakni mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim yang baik. KTT AIS Forum diadakan untuk menguatkan peran AIS Forum sebagai pusat solusi cerdas dan inovatif, serta sebagai platform gotong royong dalam mendorong agenda masa depan tata kelola laut global.

     

    Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

    Thomas Benmetan, Head of Marketing & Communication, Sekretariat AIS Forum (thomas.benmetan@undp.org).

    Dapatkan informasi lainnya di https://s.id/aispedia

    Berita Terkait

    AIS Forum Gandeng Akademisi Kembangkan Sistem Perikanan Berkelanjutan

    AIS Forum mengajak sejumlah perguruan tinggi dan lembaga penelitian berkolaborasi mengembangkan solusi inovatif dari masalah tersebut. Selengkapnya

    Indonesia Ajak Negara AIS Perkuat Pariwisata Berkelanjutan

    Yang menjadi tujuan bersama adalah mewujudkan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan ta Selengkapnya

    Padang Lamun, Gudang Karbon Masa Depan Indonesia

    Perairan Indonesia menyimpan kekayaan lamun yang tak sedikit. Sebanyak 15 spesies dari sekitar 60 spesies lamun di seluruh dunia hidup di pe Selengkapnya

    AIS Forum Latih Pemuda Menyiapkan Tata Kelola Laut

    AIS Forum telah memulai misi untuk melibatkan pemimpin pemuda potensial dan calon pembuat perubahan dari sejumlah komunitas adat di Kepulaua Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA