FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 09-2022

    413

    Bank akan Tarik Kartu ATM? Awas Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook tentang penarikan kartu ATM oleh bank untuk mengurangi transaksi tunai karena semua transaksi akan dialihkan ke transaksi digital.

    Video tersebut disertai narasi, "Kartu ATM ditarik oleh bank dan beralih ke transaksi digital untuk memudahkan pembayaran tanpa uang receh. Beli martabak, udah ada barcode di gerobak. Yang repot bayar kang parkir kasi pengamen pengemis kasi paogah buka jalan".

    Hasil penelusuran yang dilakukan Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, informasi pada video tersebut tidak benar.

    Temuan ini diperkuat dengan laporan yang dilansir dari kompas.com, bahwa Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono menepis kabar soal ATM yang akan ditarik.

    Menurut Erwin, transaksi dengan uang tunai masih diperlukan.

    “Bank pada waktunya tentu akan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat terkait uang kertas. Namun, tidak akan seketika bank menarik semua layanannya,” jelasnya.

    Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia menambahkan, “Sejauh ini Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 masih berlaku dan uang tunai tetap dibutuhkan dan berlaku sebagai alat pembayaran yang sah.”

    Berikut laporan harian isu hoaks, disinformasi, dan misinformasi, yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementetrian Kominfo, Kamis (29/09/2022):

    1. [DISINFORMASI] Vaksin Covid-19 Menyebabkan Berbagai Penyakit Kulit
    2. [DISINFORMASI] Gerobak Mie Ayam Terpasang Meteran Listrik
    3. [HOAKS] PKI Anggarkan Rp5 Triliun Demi Muluskan Jokowi Tiga Periode 
    4. [HOAKS] Poster Peringatan Kematian Mendadak Efek Samping Vaksin Covid-19
    5. [HOAKS] Pesan WhatsApp Mengatasnamakan Kepala BKD Provinsi Kalimantan Timur

    Berita Terkait

    Pengangkatan Tenaga Honorer Perawat dan Guru Tanpa Tes Jadi PNS Pemprov NTB? Awas Hoaks!

    Lewat akun Instagram resmi @ntbprov, Kepala BKD Provinsi NTB H. Muhammad Nasir menegaskan bahwa informasi tersebut adalah hoaks atau tidak b Selengkapnya

    Wapres Minta Rakyat Masak Pakai Kayu Bakar? Awas Disinformasi!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta tangkapan layar artikel berita tersebut adalah hasil suntin Selengkapnya

    Pencurian di Kapal Motor Nggapulu? Awas Disinformasi!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim pada video kejadian pencurian di KM Nggapulu tersebu Selengkapnya

    Pemerintah Luncurkan "Gim Anak Bangsa”? Itu Hoaks!

    Tidak ada pernyataan resmi dari pemerintah yang menyatakan bahwa penyedia layanan permainan digital tersebut milik pemerintah. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA