FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 08-2020

    3356

    [DISINFORMASI] Gedung KPK Terbakar

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Pasca kebakaran hebat Gedung Kejaksaan Agung di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Sabtu malam 22 Agustus 2020, beredar sebuah video kebakaran di media sosial Facebook yang mengklaim gedung KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) turut terbakar. Kebakaran itu pun disebut sebagai upaya pemutihan perkara.

    Setelah ditelusuri, klaim kebakaran gedung KPK karena pemutihan perkara tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan kebakaran gedung utama Kejaksaan Agung di Jalan Sultan Hasanudin Dalam, Kelurahan Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Sabtu malam 22 Agustus 2020. Narasi yang disampaikan oleh pemilik akun Facebook itu tidak sesuai  dengan apa yang disampaikan perekam video bahwa peristiwa  kebakaran tersebut terjadi di Gedung Kejaksaan Blok M. Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Hari Setiono mengatakan gedung yang terbakar adalah lantai 5 dan 6 yang merupakan wilayah kerja biro kepegawaian. Hari mengklaim berkas perkara kasus tindak pidana khusus atau korupsi tidak ada yang terbakar.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter :

    https://turnbackhoax.id/2020/08/25/salah-gedung-kpk-terbakar/

    https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4338471/cek-fakta-tidak-benar-dalam-video-ini-kebakaran-gedung-kejaksaan-agung-pemutihan-perkara

     

    Berita Terkait

    [HOAKS] Gedung Bawaslu Dibakar oleh Pengunjuk Rasa

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Google Tampilkan Hasil Elektabilitas Pemilu 2024

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Warga Solo Tolak Kedatangan Prabowo dan Gibran

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Presiden Joko Widodo Pecat Ketua MK Anwar Usman

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA