FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 02-2019

    20012

    [DISINFORMASI] Pendidikan Agama Akan Dihapus

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Penjelasan:

    Telah beredar postingan di media sosial Facebook yang menyajikan informasi berbentuk video dari salah satu media yang berisi berita mengenai rencana Menteri Kemendikbud Muhadjir Effendy untuk menghapus pelajaran agama di sekolah. Dalam postingan tersebut terdapat narasi yang berisi "Rencana Mentri pendidikan Menghapus Pelajaran Agama di sekolah...sesuai pernyataan Jokowi Debat pertama..mentri hanya mengusulkan keputusan  ada di Presiden Jokowi ...jika penghapusan Pelajaran Agama dari sekolah benar dilakukan berarti printah Jokowi...Masyarakat harus mengetahwi...itu...sama seperti imfor beras..mentri hanya mengusulkan ..keputusan..ada di tangan.Presiden Jokowi..." .

     

    Terkait dengan informasi tersebut, masalah ini adalah berita lama yang sudah ada sejak tahun 2017 dan sudah ada klarifikasi lengkap dan jelasnya dari Mendikbud sendiri, yaitu Muhadjir Effendy. Beliau membantah informasi mengenai penghapusan pelajaran agama tersebut, dilansir dari website resmi Kemdikbud kemdikbud.go.id , beliau mengatakan "Jadi bukan menghapus pelajaran agama. Justru bisa dipakai untuk jadi penguat (pelajaran agama). Jadi tidak ada pengulangan (antara yang diajarkan dalam pelajaran agama di sekolah dengan yang diajarkan di madrasah diniyah),"beliau menegaskan, mata pelajaran agama akan tetap ada, bahkan bisa menjadi semakin kuat jika ada kerja sama antara sekolah dengan madrasah diniyah. Nilai kegiatan keagamaan yang diikuti siswa di madrasah diniyah bisa dipakai untuk melengkapi pendidikan agama di sekolah."

    Berdasarkan hasil yang ditemukan, dapat disimpulkan bahwa informasi tersebut adalah disinformasi. Berita tersebut disebar kembali setelah beberapa tahun telah berlalu dengan maksud untuk menyesatkan.

    Link Counter:

    https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/06/mendikbud-bantah-akan-hapus-pelajaran-agama

    https://www.liputan6.com/news/read/2990212/benarkah-pendidikan-agama-akan-dihapus-ini-penjelasan-kemdikbud

    https://kumparan.com/@kumparannews/hoaxbuster-tidak-benar-mata-pelajaran-agama-dihapus

    Berita Terkait

    [HOAKS] Pendaftaran Kuliah Gratis Ikatan Dinas

    Selengkapnya

    [HOAKS] Undian Berhadiah Mengatasnamakan Bank Papua

    Selengkapnya

    [HOAKS] Penawaran Undian dari Bank Papua

    Selengkapnya

    [HOAKS] Surat Peringatan Mengatasnamakan Ditjen Pajak

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA