FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 03-2016

    3517

    Menkominfo Terima Anugerah Tokoh Perubahan Republika 2015

    Kategori Berita Kominfo | anni005

    Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika menerima Anugerah Tokoh Perubahan Republika 2015 atas upayanya melancarkan penggunaan layanan 4G LTE di Indonesia. 

    “Tanggal 3 Maret kemarin saya ditelepon untuk diminta sebagai tokoh perubahan. Saya tidak ada apa-apanya dibanding banyak orang lain yang jauh lebih eligible untuk jadi tokoh perubahan,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di atas panggung Anugerah Tokoh Perubahan Republika, Senin (21/03/2016) malam di XXI Ballroom Djakarta Theatre Thamrin Jakarta.

    Menteri Komunikasi dan Informatika didaulat menjadi Tokoh Perubahan Republika 2015 karena telah bekerja membangun ekosistem digital di Tanah Air. Mulai dari  percepatan layanan 4G, pengadaan inkubasi bagi pengembang lokal, perlindungan data pribadi bagi para pengguna internet, dan pemberlakuan segera aturan TKDN serta Aplikasi Over The Top (OTT).

    Menkominfo mengungkapkan bahwa anugerah ini bukanlah untuk dirinya, melainkan untuk industri. “Bagaimana membuat perubahan dalam konteks Digital Ekonomi. Boleh deh, ini bukan untuk saya tetapi untuk teman-teman lainnya,” tambah Menkominfo yang biasa disebut Chief RA.

    Chief juga memberikan penghargaan ini untuk tim yang membangun dan membantu mengimplementasikan 4G di Indonesia dari kalangan internal Kementerian Komunikasi dan Informatika dan juga pihak operator yang hadir.

    “Kalau bicara soal 4G, itu baru ekosistemnya broadband. Ada namanya Network, ada program yang sudah ditandatangani kontraknya oleh Menteri keuangan yaitu Palapa Ring. Tujuan ini semua agar 1 Januari 2019 seluruh wilayah Indonesia sudah terhubung broadband,” jelas Rudiantara.

    Menkominfo juga memaparkan program kerja kementerian yang dipimpinnya di bidang Application yaitu OTT lokal yang kemarin baru saja di-launching untuk segera didukung, dan Device yang sedang digarap oleh Kementerian Perdagangan bersama Kementerian Perindustrian mengenai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) di dalam perangkat smartphones nantinya.

    Rudiantara yang aktif di Dewan Masjid Indonesia (DMI) juga melakukan upaya memaksimalkan dakwah umat. Inisiatifnya untuk memperbaiki sound system masjid telah menjangkau sekitar 15 ribu masjid. Rudiantara berharap, di akhir masa kepemimpinannya ia dapat memberi peninggalan yang bermanfaat bagi masyarakat di bidang teknologi dan informasi.

    Acara yang sudah diusung sejak tahun 2005 ini memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada mereka yang telah berkarya dan memberi manfaat perbaikan bagi banyak manusia. Dalam sambutannya, Wakil Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi mengatakan bahwa tidak akan ada kata berhenti bagi Republika untuk terus memberikan penghargaan kepada mereka yang telah memberi manfaat luas bagi kemajuan Indonesia.

    Figur yang mendapatkan Anugerah Tokoh Perubahan Republika 2015 lainnya adalah Hasanain Juaini, Hotlin Ompusunggu, Nadiem Makarim, Slank. Hadir juga para Menteri Kabinet Kerja seperti Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Ferry Mursyidan Baldan, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Keuangan Bambang Brojonegoro, Menteri Pendidikan Anies Baswedan. (pih-ab)

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Gelar Griya di Rumah Dinas Widya Chandra

    Dalam gelar griya hadir Wamenkominfo Nezar Patria dan Ibu Siti Murtiningsih tampak hadir dalam acara itu. Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    Kominfo Terima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023

    Kementerian Kominfo mendapatkan penghargaan sesuai Hasil Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Pusat. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA